Lebak Damar, Wisata Instagramable di Ujung Selatan Lebak

WILAYAH Lebak Selatan, khususnya tempat bermukimnya masyarakat adat Kaolotan, telah sejak “baheula” dikenal sebagai tempat yang tepat untuk berlibur dan menghilangkan kepenatan rutinitas keseharian. Sebab, pesona keindahan alam serta kesejukan udaranya, seperti halnya Desa Hegarmanah di Kecamatan Cibeber.

Sejak beberapa tahun belakangan ini, keberadaan kebun teh di Kampung Cikuya yang menyajikan pemandangan hamparan perkebunan teh organik seluas 120 ha yang dikelola oleh sebuah perusahaan swasta, telah berhasil menarik sejumlah wisatawan.

Selain keberadaan perkebunan teh, Desa Hegarmanah yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) telah mendapat anugerah sejumlah destinasi wisata, mulai dari wisata alam seperti Curug Ciporolak hingga areal Hutan Damar yang dikembangkan oleh TNGHS.

Setelah berbasah-basah ria asyik bermain air Curug Ciporolak, Desi Rachmawati beserta rekan-rekannya dari Komunitas Jalan Satapak Adventure singgah di salah satu destinasi buatan yang berada di wilayah Desa Hegarmanah, yang berada di ujung selatan Kabupaten Lebak.

Seperti halnya setiap petualangan atau kunjungannya ke lokasi wisata, Desi selalu menyempatkan diri untuk mengeksplor keindahan destinasi wisata yang telah dikunjunginya melalui tulisan yang sengaja dikirimkan untuk pembaca Kabar Banten Lebak Damar namanya. Tempat yang diresmikan tanggal 13 Oktober 2018 itu, saat ini menjadi salah satu tempat yang sangat hits di kalangan milenial dan para pemburu foto keren.

Akses menuju ke tempat ini dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama 4 jam. Dari kota Rangkasbitung, kamu bisa memacu kendaraan melalui rute Rangkasbitung-Gunung Kencana – Malingping – Bayah dan Kebun Teh Cikuya atau lewat rute baru Rangkasbitung – Citorek – Kebun Teh Cikuya.

Lebak Damar yang merupakan wisata pohon Damar terletak di kawasan Gunung Halimun Salak yang tidak jauh dari wisata alam Kebun Teh Cikuya. Rute menuju wisata Lebak Damar searah dengan wisata alam Kebun Teh Cikuya. Nama Lebak Damar diambil dari tempat yang datar (Lebak) yang banyak ditumbuhi pohon damar di atas keseluruhan luas lahan yang mencapai sekitar 250 hektare.

Wisata Lebak Damar ini tidak menggunakan anggaran dari pemerintah melainkan dikelola secara swadaya oleh para pemuda Lebak Picung. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000, pengunjung dapat berfoto ria diseluruh spot foto yang tersedia di Lebak Damar. Untuk pecinta alam, Lebak Damar juga menyediakan lahan untuk berkamping ceria. Kalian cukup membayar sebesar Rp 150.000 itu sudah mendapatkan fasilitas tenda.

Tapi kalau kalian bawa tenda sendiri itu dikenakan tarif sebesar Rp 50.000. Kebetulan teman-teman dari Jalan Satapak mencoba untuk merasakan sensasi berkamping di Lebak Damar. Benar-benar pengalaman yang sangat luar biasa, menikmati dinginnya udara Lebak Damar di malam hari, menenangkan hati hanya ditemani riuhnya suara binatang malam.

Desi sempat ngobrol dengan salah seorang pengelola bernama Ari atau lebih dikenal dengan sebutan Ompong. Menurut Ari, meski tempat ini terbilang baru, namun jumlah kunjungan wisatawan sangat menjanjikan. Apalagi saat liburan, pengunjung kebanyakan kaum milenial yang suka sekali dengan tempat yang memiliki spot foto yang instagrameble.

Setelah ngobrol ngalor ngidul, akhirnya Desi dan teman-teman memutuskan untuk segera bergegas tidur. Dengan diiringi gemericik hujan yang turun menambah nyenyak tidur malam itu. Pagi menyapa… Kabut dan cuaca dingin menerpa.. Waahh benar-benar cuaca yang sangat jarang didapatkan di kota. Dengan segelas kopi pagi ini dilewati dengan sangat indah.

Jam terus berputar. Akhirnya Desi dan rekan Jalan Satapak Adventure bergegas membereskan tenda dan peralatan kamping lainnya untuk segera kembali ke Rangkasbitung. Pokoknya buat teman-teman semua tidak perlu memaksakan diri mengunjungi destinasi wisata di daerah lain, karena di Kabupaten Lebak terdapat banyak pilihan tempat bagus yang layak dikunjungi. (Tono Soemarsono)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here