LAZ Harfa dan Unsera Kolaborasi Buat Hand Sanitizer

Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Unsera saat membuat hand sanitizer, di Laboratorium Teknik Kimia Unsera, Selasa (24/3/2020).*

SERANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat (LAZ) Harapan Dhuafa (Harfa) Banten bersama Universitas Serang Raya (Unsera) berkolaborasi membuat hand sanitizer untuk dibagikan ke masyarakat, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan fasilitas umum.

”Dalam kondisi sekarang, untuk sama-sama menciptakan kebaikan serta dapat menekan penyebaran virus corona atau virus disease (Covid-19) di Banten. Saya menyambut baik ini semua, berharap kerja sama dengan Unsera bukan hanya dalam pembuatan hand sanitizer saja melainkan dapat bekerja sama apapun,” kata Manajer Fundrising LAZ Harfa Muhamad Mukri, saat ditemui di Laboratorium Teknik Kimia Unsera, Selasa (24/3/2020).

Ia menjelaskan, pihaknya menyiapkan bahan baku untuk pembuatan hand sanitizer tersebut. Unsera menyiapkan tempat serta sebagian bahan baku juga. Selain itu, berkontribusi botol karena bahan baku tersebut tidak mudah untuk didapatkan. Kandungan dalam hand sanitizer tersebut seperti alkohol, gliserol dan etanol dan pewangi.

”Kami bersyukur ada Unsera yang mau bekerja sama dalam pembuatan hand sanitizer. Kami berharap semakin banyak orang mau berdonasi untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, terutama LAZ Harfa juga sedang menghimpun dana sebanyak-banyaknya untuk membantu mereka yang di garda terdepan dalam menangani Covid-19 tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Unsera Liza Diniarizky mengatakan, kerja sama tersebut merupakan inisiasi dari gerakan ‘ikhtiar bersama cegah laju corona’. Pihak yang bekerja sama saling berbagi potensi yang dimiliki masing-masing pihak.

”Unsera berkontribusi dalam hal sumber daya manusia, laboratorim kimia dan sebagian bahan baku. Saat ini kami fokuskan dalam pembuatan hand sanitizer, untuk pembagian ke sekitar Unsera, puskesmas, ojek online, serta profesi yang tidak bsia melaksanakan work from home,” katanya.

Ia menjelaskan, sekarang ini terkendala dengan botol-botol yang sudah langka di pasaran. Pihaknya membagi sesuai dengan botol yang dipunya saja. Selain ke masyarakat umum, puskesmas, masjid dan fasilitas umum yang samapi detik ini masih ada masyarakat yang berkumpul tetapi belum memiliki hand sanitizer tersebut.

”Bagaimana pun ini misi kemanusiaan. Dari botol yang disuport LAZ Harfa tersebut dan Unsera ada 1.000. Kami berharap pandemik cepat berlalu. Kita bisa melakukan aktivitas kembali secara normal tidak ada kecemasan lagi. Dengan membuat hand sanitizer tersebut, langkah kecil yang bisa bermanfaat untuk masyarakat luas,” ujarnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here