Selasa, 20 November 2018

LAZ Harfa Bentuk KKM BP Annisa

SERANG, (KB).- Pihak Lembaga Amil Zakat (LAZ) Harfa Banten membentuk koperasi keuangan mikro berbasis perempuan (KKM BP) Annisa untuk membantu kesejahteraan perempuan. KKM BP Annisa tersebut juga mendapat dorongan dari Caritas Australia.

Ketua KKM BP Annisa, Nia mengatakan, Annisa adalah sebuah nama yang artinya perempuan. Di sinilah mereka berhimpun, berkumpul, menuangkan ide, gagasan, dan kreativitas dalam membangun sebuah komunitas yang kompak dan memiliki visi untuk memperbaiki ekonomi masing-masing. “Terbentuknya kelompok ini diprakarsai oleh LAZ Harfa Banten, dengan support dari Caritas Australia untuk membentuk sebuah perkumpulan bernama KKM BP Annisa,” kata nya kepada Kabar Banten, Kamis (2/11/2017).

Melalui LAZ Harfa Banten, KKM BP Annisa telah menyediakan semua kebutuhan pokok kelompok. Sementara, untuk keuntungan atau hasil dari usaha tersebut, kembali lagi untuk kesejahteraan kelompok. “Setiap tahun mereka sudah menikmati hasil dari keuntungannya, yang disebut dengan pembagian sisa hasil usaha (SHU),” ucapnya.

Bahkan, menurut dia, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, mereka bisa jalan-jalan secara gratis, baik ke Jakarta, seperti Monas, Taman Mini maupun tempat rekreasi lain yang ada di Banten maupun di luar kota. “Ini capaian yang luar biasa, di samping itu ada juga yang membanggakan dari kelompok ini, mereka dari awal dibentuk mandiri tanpa subsidi dana sedikit pun, inilah kelompok yang dibentuk dengan ciri khas tersendiri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pertemuan rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali sebelum transaksi atau menyampaikan kondisi keuangan terakhir. Ia berterima kasih kepada pihak LAZ Harfa Banten dan Caritas Australia atas bimbingan dan dampingan selama ini. “Pertemuan pada Rabu (1/11/2017) kemarin sekaligus pembangunan gedung baru yang dididirkan dari hasil keuntungan setiap tahun. Semoga kiprah KKM BP Annisa menjadi inspirasi warga Pandeglang khususnya dan warga Banten pada umumnya,” tuturnya. (TM)***


Sekilas Info

Dakwah Mengubah Kebiasaan Jadi Kebaikan

SERANG, (KB).- Setiap orang memiliki kewajiban untuk berdakwah, akan tetapi dakwah juga mempunyai waktu, karena dakwah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *