Latih Pramuka Menulis, Kwarda Banten Kerja Sama dengan Kabar Banten

PANDEGLANG, (KB).- Untuk meningkatkan keterampilan menulis bagi anggota Pramuka di Banten, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Banten bersepakat kerja sama dengan Harian Umum Kabar Banten.

Kerja sama tersebut ditandatangani Ketua Kwarda Pramuka Banten Mohammad Masduki dan Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar.

Penandatangan nota kesepahaman digelar pada acara pembukaan Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) Banten III Tahun 2019 di Bumi Perkemahan Cikujang, Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Selasa (18/6/2019).

Saat memberi sambutan, Ketua Kwarda Pramuka Banten Mohammad Masduki menilai kerja sama ini sangat bermanfaat karena bisa meningkatkan keterampilan menulis bagi anggota Pramuka di Banten.

Menurut Masduki, sebenarnya, kerja sama dengan Harian Umum Kabar Banten sudah berlangsung cukup lama. Oleh karena itu, dia menilai Kabar Banten merupakan media massa yang turut mengembangkan Pramuka di Banten.

“Kami berharap, kerja sama ini bisa dimanfaatkan oleh Pramuka di Banten,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (penerbit Harian Umum Kabar Banten) Rachmat Ginandjar menjelaskan dalam kerja sama ini, selain melatih keterampilan para anggota Pramuka dalam menulis, Harian Umum Kabar Banten juga akan mempublikasikan kegiatan-kegiatan Pramuka di Banten.

Menurut Rachmat, sebagaimana tertuang dalam nota kesepahaman, selain akan dipublikasikan di Koran Kabar Banten, kegiatan-kegiatan Pramuka di Banten akan dipublikasikan juga di sejumlah produk Kabar Banten Digital.

Produk Kabar Banten Digital meliputi surat kabar elektronik (e-paper) Kabar Banten, website www.kabar-banten.com, Instagram kabar_banten, Youtube channel Kabar Banten TV, Fanpage Facebook Kabar Banten, dan Tweeter KabarBanten72.

Selain melatih menulis, Kabar Banten juga akan meningkatkan kemampuan pemahaman Pramuka terhadap media agar mereka sadar (melek) media. Upaya ini akan dilakukan dalam kegiatan literasi media.

“Melalui kegiatan literasi media itu, kami juga akan memberikan pelatihan bagaimana mengidentfikasi dan melawan hoaks yang saat ini sudah mengancam bangsa Indonesia,” katanya.(AT)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here