Lanjutkan Kepemimpinan KONI Banten, Rumiah Fokus Hadapi PON 2020 Papua

KETUA Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman (kanan) berjabatan tangan dengan Ketua KONI Banten, Rumiah Kartoredjo saat pelantikan Pengurus KONI Banten periode 2017-2021, di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (6/2/2018).*

SERANG, (KB).- Ketua Umum Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Banten, Rumiah Kartoredjo fokus pada pembinaan olah raga untuk menghadapi Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2020 di Papua. Hal itu menjadi fokus pembinaannya di masa kepengurusan KONI Banten periode 2017-2021 ini. Hal itu diungkapkannya pasca-dikukuhkan menjadi Ketua KONI Banten periode 2017-2021, yang dilakukan secara resmi oleh Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, di Pendopo Gubernur Banten, Selasa (6/2/2018).

Rumiah mengatakan, setelah pelantikan tersebut pihaknya tidak lantas akan bersantai-santai, karena kompetisi besar sudah di depan mata. Oleh karena itu, persiapan yang ia lakukan harus matang untuk mendapatkan prestasi yang diharapkan. “Kami tidak ingin bersantai-santai setelah ini, karena event besar sudah ada di depan mata. Patriot-patriot olah raga Banten sudah siap menunggu program-program pembinaan yang akan kami aplikasikan,” ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah memiliki tiga program utama di masa kepengurusan 2017-2021, yang pertama yakni program Pelatda Jangka Panjang. Program tersebut untuk mempersiapkan atlet-atlet Banten, dalam menghadapi seleksi prakualifikasi PON.
“Jadi saat ini mereka sudah menjalani program Pelatda Jangka Panjang itu,” ucapnya. Selain itu, kata dia, program kedua yang akan dilaksanakan yakni berkaitan dengan Asian Games. Alasannya, ada 17 atlet Banten yang dipanggil untuk mengikuti Pelatnas Asian Games tahun 2018 ini.

“Ada 17 atlet Banten yang dipanggil untuk mengikuti Pelatnas Asian Games, dari 17 atlet tersebut terdiri dari 10 cabang olah raga. Semoga dengan dorongan kita semua, atlet-atlet Banten dapat mengibarkan sang Merah Putih pada ajang Asian Games itu,” ucapnya. Sementara program yang ketiga, kata Mantan Kapolda Banten tersebut, yakni pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) V Banten. Multi event empat tahunan tersebut, rencananya akan diselenggarakan di Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman mengapresiasi kinerja Rumiah selama kepengurusan diperiode pertama. Alasannya, ia menilai Rumiah telah mampu mencetak atlet Banten meraih prestasi, baik di kancah domestik maupun nasional. “Saya juga merasa bangga dengan Gubernur Banten, yang memberikan dukungan penuh terhadap olah raga Banten. Beliau mengatakan, olah raga itu bukan hanya soal prestasi, tetapi juga ketahanan nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Banten memiliki potensi olah raga yang baik. Bahkan, ia menilai Banten mampu mengalahkan provinsi lain, yang selama ini sering menduduki peringkat teratas olah raga nasional. “Apa kurangnya kita? Kita bisa ko bersaing dengan daerah tetangga,” katanya. (YA)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here