Lakukan Penggalian di Keraton Surosowan, BPCB Temukan Peluru Meriam

SERANG, (KB).- Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten melakukan ekskavasi arkeologi atau penggalian di Kawasan eks Kesultanan Banten Lama, tepatnya di Keraton Surosowan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Kamis (20/6/2019).

Kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak tiga hari lalu. Sejumlah artefak dan peninggalan pada masa Kesultanan Banten ditemukan, antara lain peluru meriam yang terdiri dari empat ukuran, mulai berdiameter 5 centimeter, 6 centimeter, hingga yang paling besar 10 centimeter.

“Penemuan ini diduga merupakan peluru meriam milik Kesultanan Banten, atau lokal. Terlihat dari bahannya, ini terbuat dari batu. Ada empat ukuran yang berbeda. Ini sekitar diameter 5 centimeter, 6 centimeter, 8 dan 10 centimeter,” kata Koordinator Lapangan Ekskavasi BPCB Banten Turmudi, Kamis (20/6/2019).

Selain peluru meriam, ia beserta timnya juga berhasil menemukan keramik biru putih yang diperkirakan peninggalan abad ke-18 Dinasti Ching. Kemudian, ada juga gerabah serta keramik pinggiran kendi (tempat air) dan sejumlah pecahan keramiklokal (Kesultanan Banten).

“Kemungkinan ini keramik dari Dinasti Ching abad ke-18, karena terlihat ini masih tahun muda. Kelihatannya dari pecahan mangkuk dan piring. Kalau ini memang impor dari China. Tapi kami juga menemukan keramik lokal, seperti pinggiran kendi dan ada juga pecahan gerabah,” ujarnya. (Rizki Putri/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here