Kwarcab Pramuka Kota Serang Lantik Mabigus Untirta

Kwarcab Pramuka Kota Serang melantik Mabigus Pramuka Untirta, Kwarda Banten, Sabtu (15/2/2020).*

SERANG, (KB).- Kwatir cabang (Kwarcab) gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kota Serang melantik Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) gerakan Pramuka Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), di Kantor Kwartir Daerah (Kwarda) Banten, Sabtu (15/2/2020). Diharapkan, Kwarcab Kota Serang dan Untirta bisa saling bersinergi dalam kegiatan pramuka.

Rektor Untirta yang juga Ketua Mabigus Untirta Fatah Sulaiman mengatakan, pramuka harus selaras dengan Tri Dhrama Perguruan Tinggi. Pihaknya berharap ke depan pramuka juga harus lebih sejalan dengan aktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Dalam pramuka juga mengenal konsep Tri Bina yakni bina diri, bina satuan dan bina masyarakat. Dengan konsep tersebut, sudah seharusnya peran pramuka lebih ditingkatkan. Saya berjanji akan mendukung kegiatan pramuka dengan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Untirta,” kata Fatah kepada Kabar Banten.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kota Serang Ahmad Syaefullah mengatakan, apresiasinya kepada Ketua Mabigus Untirta yang telah bersedia dilantik, proses hingga pelantikan tersebut sangat panjang dikarenakan kesibukan dari berbagai pihak.

“Pengurus Kwarcab Kota Serang berumur 76 hari sehingga banyak yang perlu dibenahi terutama fasilitas sarana dan prasarana, seperti gedung kwarcab. Serta fasilitas yang belum dimiliki yakni bumi perkemahan, kami berharap Kwarcab Kota Serang dan Untirta bisa sinergits dalam berbagai kegiatan kepramukaan,” ujarnya.

Perwakilan Kwarda Banten Miftahul Rahmat mengatakan, sejak dikeluarkan peraturan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 Pramuka semakin diminati dan dilirik oleh banyak instansi. Pramuka menjadi satu satunya organisasi di dunia yang memiliki dasar hukum undang-undang.

“Pramuka tidak hanya sebatas simbol, tidak hanya sebatas berkegiatan, namun bisa berintegritas kepada kegiatan keseharian,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here