Kuota CASN 2019 Kabupaten Serang Belum Jelas

SERANG, (KB).- Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Mujiyati Erianis mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu kepastian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), terkait berapa kuota untuk rencana penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Serang.

“Untuk kepastian kuota yang akan diberikan kepada Kabupaten Serang hingga saat ini belum dikeluarkan oleh pusat,” katanya, kepada wartawan, Jumat (2/8/2019).

Eris sapaan akrabnya mengungkapkan, untuk usulan dari Pemkab Serang, sudah diajukan, yaitu sekitar 1.000 pegawai. Namun, untuk pemenuhannya masih belum diberikan jumlahnya dari pusat.

“Untuk kuota dari pusat belum keluar. Nanti saja kalau sudah keluar akan diinformasikan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, usulan yang diajukan sesuai dengan kekosongan atau kebutuhan yang ada di Kabupaten Serang. Namun, biasanya kuota yang didapatkan tidak sesuai dengan usulan. “Usulan mah pasti kami minta banyak, karena sesuai kebutuhan. Tapi, biasanya kuotanya di bawah usulan,” ucapnya.

Ia menuturkan, saat ini kebutuhan ASN yang paling banyak untuk tenaga kesehatan dan pendidikan. Tetapi, mayoritas dari tenaga pendidikan. Hal tersebut, dikarenakan banyak tenaga pendidik yang pensiun dan memasuki masa pensiun, sehingga banyak terjadi kekurangan.

“Paling banyak itu dari pendidik dan kesehatan. Soalnya banyak yang pensiun, apalagi di pendidikan atau guru itu banyak,” tuturnya.

Ia mengatakan, pekan depan rencananya, pihaknya akan mendatangi Pemerintah Pusat dalam hal tersebut, Kemenpan RB untuk mengetahui berapa kuota yang akan diberikan kepada Pemkab Serang. Untuk laporan kebutuhan ASN, pihaknya juga masih menunggu laporan dari tiap OPD.

“Rencananya pekan depan mau ke pusat bahas soal kuota. Untuk jumlah pasti kebutuhan CASN kan belum ada laporan dari tiap OPD nya,” ucapnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here