Kunker Komisi I DPRD Kota Cilegon ke PUTR Cilegon: Tak Direspons, Dewan Kecewa

CILEGON, (KB).- Kejadian tidak menyenangkan dialami jajaran anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon Komisi I DPRD Cilegon, saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Cilegon, Senin (4/6/2018).

Masalahnya pihak Dinas PUTR tidak merespons kedatangan rombongan legislatif tersebut. Padahal kedatangan para politisi di lembaga eksekutif untuk membahas perkembangan perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS).
Padahal, kegiatan para wakil rakyat tersebut, telah terjadwal. Tapi kenyataannya tidak satu pejabat pun yang menyambut rombongan Komisi I.

Pantauan Kabar Banten, pagi itu sebenarnya Kepala Dinas PUTR Kota Cilegon Nana Sulaksana dan Sekretaris Ridwan berada di kantornya. Setelah sekitar 45 menit menunggu, rombongan Komisi I DPRD Cilegon balik arah ke kantor dewan.

Tampak ada delapan anggota DPRD Kota Cilegon yang sudah duduk di Ruang Rapat Dinas PUTR. Diantaranya Ketua Komisi I Subhi S Mahad, Sekretaris Komisi I Hasbi Sidik, Anggota Komisi I Baihaki Sulaiman, Aam Amarulloh, Qoidatul Sitta, Merry Ockta Mega Anjarsari, Ahmad Effendi, dan Sofwan Marjuki.

Raut wajah kesal tampak jelas pada beberapa anggota DPRD Cilegon. Anggota Komisi I DPRD Kota Cilegon Sofwan Marjuki mengatakan, pihaknya telah melayangkan surat untuk kunjungan pada 13.00. Rombongan Komisi I DPRD Kota Cilegon juga sudah datang tepat waktu di Ruang Rapat DPUTR Kota Cilegon.

“Kami menunggu lama hampir satu jam tidak ditemui, yaudah balik saja,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Sofwan menuturkan, kehadiran pihaknya ke Dinas PUTR Kota Cilegon untuk menanyakan progres perbaikan JLS yang putus akibat banjir. Pihaknya perlu menanyakan hal tersebut, lantaran beberapa hari lagi sudah memasuki arus mudik.

“Kami datang baik-baik, mau menanyakan progres JLS ini. JLS itu sangat penting, dan kami sebagai wakil rakyat memunyai hak untuk mengetahui progres perbaikan. Tapi, tidak ditemui satupun pejabat DPUTR, padahal kata Sekretarisnya Pak Nana ada di ruang kerja,” katanya sambil bergegas meninggalkan Kantor Dinas PUTR.

Sekretaris Komisi I Hasbi Sidik mengatakan, akibat peristiwa tersebut, pihaknya akan melaporkan ke pimpinan DPRD Kota Cilegon, bahwa kunjungan Komisi I DPRD Kota Cilegon tidak membuahkan hasil apa-apa lantaran tidak ditemui pejabat di DPUTR. Selanjutnya, Ia berharap pimpinan DPRD Kota Cilegon menyampaikan masalah ini ke Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi. “Kunjungan kami resmi, ada suratnya tapi malah dicuekin,” kata Politisi Partai Gerindra ini.

Ia menuturkan, beberapa kali Kepala Dinas PUTR Kota Cilegon Nana Sulaksana dipanggil DPRD Kota Cilegon namun tidak digubris, maka pihaknya berinisiatif yang mengunjungi Dinas PUTR. Namun, tidak ditemui oleh pejabat Dinas PUTR.

Ditemui di kantornya, Sekretaris Dinas PUTR Muhammad Ridwan membenarkan jika sudah ada agenda pertemuan dengan Komisi I DPRD Cilegon. Namun saat Komisi I DPRD Kota Cilegon berada di ruang rapat, ia dan Kepala DPUTR Nana Sulaksana tidak mengetahui. “Ini miss komunikasi saja,” katanya.

Sementara Kepala Dinas PUTR Kota Cilegon Nana Sulaksana belum bisa dikonfirmasi. Beberapa stafnya mengatakan bahwa pimpinannya sedang sibuk. “Bapak (Nana Sulaksana -red) sedang sibuk. Nanti ya,” kata seorang karyawan yang enggan menyebutkan namanya. (AH)*

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here