Kunjungi SDN Sorongan 2, LAZ Harfa Ajak Murid Rayu Orangtua Buat Jamban

Relawan Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa Banten saat memberikan pemahaman kepada murid SDN Sorongan 02 tentang PHBS di Kampung Batu Payung, Desa Sorongan, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Jumat (8/12/2017).*

PANDEGLANG, (KB).- Lembaga Amil Zakat Harapan Dhuafa (Harfa) Banten mengunjungi SDN Sorongan 02 di Kampung Batu Payung, Desa Sorongan, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Jumat (8/12/2017).

Kunjungan tersebut untuk mempromosikan program kesehatan dalam gerakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) atas kerja sama LAZ Harfa dengan NGO Internasional Caritas. Dalam kunjungan tersebut, relawan LAZ Harfa memberikan pemahaman kepada para murid akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat.

Menurut Koordinator Lapangan FF LAZ Harfa Banten Imam Hidayat, tujuan dari kegiatan promosi kesehatan yaitu untuk memberikan pemahaman murid-murid SDN Sorongan 02 tentang personal hygiene, melalui gerakan PHBS.

Selain itu juga dilakukan pemicuan Community- Led Total Sanitation (CLTS) untuk mendorong agar murid-murid di sana tidak BAB sembarangan.¬† “Karena 100 persen di Kampung Batu Payung yang menjadi lokasi sekolah dan tempat tinggal murid-murid di sana belum ada yang memiliki jamban,” katanya.

Imam mengatakan, lokasi SDN Sorongan 02 yang terpencil sangat ironi. Menurut dia, saat dunia sedang terlenakan dengan kondisi yang serba digital, lokasi di Kampung Batu belum tersentuh modernisasi.
“Harapan kami setelah ada pemicuan CLTS, murid-murid dapat mendorong orangtuanya untuk membuat jamban di rumahnya,” ucapnya.

Diketahui, SDN Sorongan 02 berada di daerah paling pelosok Kecamatan Cibaliung. Daerah tersebut sangat sulit untuk dilalui roda empat, karena akses jalan yang belum memadai. Namun demikian, kondisi lingkungan yang memprihatinkan tidak membuat patah arang murid-murid SDN Sorongan 02 Cibaliung untuk menuntut ilmu. (MH)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here