Kunjungi Kedai Kopi Om Bewok, Syafrudin: Kedai Kopi Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Kota Serang

Wali Kota Serang Syafrudin saat menikmati Kopi Baduy racikannya sendiri di Kedai Kopi Om Bewok, Sabtu (16/11/2019).*

Bisnis kuliner di Kota Serang semakin marak, apalagi kedai kopi dan usaha kafe. Salah satunya kedai Kopi Om Bewok yang berada di Jalan 45 Cikulur, Kaujon, Kota Serang. Di sana banyak menyuguhkan aneka jenis biji kopi khas serta cemilan kekinian.

Wali Kota Serang Syafrudin disela-sela kesibukkannya menyempatkan mampir ke kedai Kopi Om Bewok untuk mencicipi dan menikmati kopi di kedai tersebut, Sabtu (16/11/2019).

Syafrudin mengatakan, bahwa keberadaan kedai kopi di Kota Serang semakin menjamur. “Saya kira kedai kopi di Kota Serang mulai menjamur. Ini bagus, karena bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Serang,” katanya.

Ia mengatakan, kebanyakan warga merupakan penikmat kopi. Bahkan, suguhan kopi hitam ini adalah suatu hal yang wajib ketika bertamu. “Jangankan di Kota Serang, di luar Kota Serang saja masih dicari. Jadi, adanya kedai kopi di Kota Serang ini semakin banyak semakin bagus,” ucapnya.

Ia mengaku, jika dirinya seorang penikmat kopi hitam. Alasannya, kopi hitam tanpa gula bisa menyehatkan tubuh dan baik untuk jantung. Apalagi bagi orang seusianya, sangat cocok untuk dikonsumsi. “Tentunya pengolahannya harus benar. Kopi ini manfaatnya luar biasa. Ini (kopi) bisa juga bisa menjadi obat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Syafrudin mencoba meracik kopi Baduy sekaligus menyuguhkan untuk para tamu kedai. Ia menilai, keberadaan kedai kopi di Kota Serang memiliki efek yang baik di sektor ketenagakerjaan. “Semakin banyak kedai kopi, maka banyak juga tenaga kerja yang terserap. Dan pengangguran juga akan berkurang,” ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya akan memberikan kemudahan kepada pengusaha yang akan membuka kedai kopi. “Jadi nanti Pemkot Serang akan memudahkan, dari sisi perizinan, baik itu SITU, SIUP, PDP dan lain-lain yang sifatnya untuk menunjang kedai kopi ini, saya gratiskan,” ujar Syafrudin.

Ketua DPC HIPPI Kota Serang Isbandi mengatakan, hadirnya usaha kreatif di Kota Serang memiliki dampak yang baik terhadap perekonomian di masyarakat. “Dengan adanya usaha atau bisnis seperti ini, tentu dapat membuka lapangan pekerjaan dan bisa menanggulangi pengangguran,” katanya.

Sementara, pemilik kedai Kopi Om Bewok, Rendra Prasetya mengatakan, saat ini ada sekitar 85 kedai kopi di Kota Serang. Tentu saja hal tersebut berpotensi sangat besar. Bahkan, teman-temannya pun sudah mulai berkecimpung dalam usaha tersebut.

“Kedai kopi di Kota Serang sudah mulai tumbuh, jadi untuk calon investor boleh datang ke sini. Tapi yang pasti saya inginnya brand lokal, istilahnya brand Kota Serang yang dikelola oleh warga Kota Serang itu sendiri,” ujar Rendra. (Rizki Putri)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here