Kunjungan Wisatawan Lampaui Target, Anyer-Cinangka Kembali Pulih

Pihak Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Serang (Disporapar) Kabupaten Serang mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke wilayah Kawasan Wisata Pantai Anyer-Cinangka Kabupaten Serang telah melampaui target tahun ini. Hingga saat ini sudah sekitar 8 juta wisatawan dari target 6.296.622 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Serang Hamdani menjelaskan, tahun ini target wisatawan nusantara yang datang ke Anyer sebanyak 6.296.622 orang.

Namun hingga saat ini sudah ada sekitar 8 juta wisatawan yang mengunjungi Anyer untuk berlibur di hari libur dan hari-hari biasa. Hal tersebut dinilai bahwa kawasan Wisata Anyer-Cinangka telah kembali pulih pasca bencana yang sempat melanda.

“Sudah sekitar 8 juta wisatawan nusantara yang datang ke Anyer. Jadi sudah melampaui target kami tahun ini,” kata Hamdani kepada wartawan, Senin (18/11/2019).

Mayoritas wisatawan datang untuk berlibur bersama keluarga. Selain itu, dia menuturkan, paling banyak wisatawan datang saat hari raya idul fitri yang menembus angka ribuan wisatawan.

Sejauh ini kawasan pesisir Anyer masih menjadi salah satu tujuan dan pilihan wisatawan nusantara untuk berlibur. Tak hanya itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang juga berupaya untuk menarik wisatawan agar dapat berkunjung ke Anyer.

“Paling tinggi kunujungannya itu pada saat lebaran kemarin. Ada ribuan wisatwan, kemudian dari Pemkab Serang juga kan dalam setahun ini terus mengadakan berbagai acara untuk menarik pengunjung,” ucapnya.

Hanya saja, berbeda dengan jumlah wisatawan mancanegara yang dinilai masih sedikit atau masih dibawah target. Untuk target kunjungan wisatawan mancanegara tahun ini yaitu sebanyak 2.561 orang. Menurutnya, hingga saat ini jumlah kunjungan wisatawan mancanegara masih dibawah target yang diharapkan.

“Kalau mancanegara masih sedikit, dibawah target. Tapi ini kan masih sisa dua bulan lagi. Mudah-mudahan bisa terkejar, apalagi nanti biasanya tahun baru ramai,” katanya.

Dia mengatakan, di Kabupaten Serang tidak hanya kawasan Anyer yang banyak dikunjungi, tetapi ada alternatif wisata lainnya yakni terdapat 10 wisata unggulan di Kabupaten Serang.

Tahun depan Disparpora Kabupaten Serang akan menambahkan target kunjungan wisatawan ke Kawasan Wisata Anyer dan Cinangka. Pihaknya juga akan tetap melakukan upaya semaksimal mungkin agar wisatawan tetap memilih Kabupaten Serang sebagai destinasi wisata. (Tresna Mulyanawati)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here