Kumpulkan Poin Sempurna, Futsal Banten Lolos PON XX Papua

SERANG, (KB).- Tim futsal putra Banten akhirnya memastikan diri lolos ke Pekan Olah raga Nasional (PON) XX Papua, setelah mereka menjadi juara Grup C pada babak kualifikasi PON. Kepastian itu didapat setelah mereka menaklukkan kontingen futsal Lampung dengan skor 3-4, di Jatinangor, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019).

Dari menit awal, kedua tim sama-sama ngotot dikarenakan pertandingan tersebut menjadi penentu lolos ke fase knock out grup, yang diambil hanya sang juara grup. Saling balas gol pada babak pertama, namun sampai paruh waktu berakhir skor imbang 3-3.

Babak kedua berjalan, lagi-lagi kedua tim bermain dengan tensi tinggi. Akan tetapi, akhirnya Banten dapat menambah gol setelah beberapa menit hanya berkutat di tengah lapangan, dengan menambahkan satu gol. Sampai peluit berakhir, Lampung akhirnya mengakui keunggulan Banten dengan skor tipis 4-3.

Pelatih Kepala Tim futsal Banten Afri Afdalah mengatakan, secara komposisi pemain Lampung lebih diunggulkan karena dihuni oleh 5 pemain profesional. Sementara, Banten tanpa satu pun pemain profesional, karena hanya memanfaatkan pengalaman pemain saja. Tapi, Afri bersyukur anak asuhnya bisa menang, meski sebelumnya ia memprediksi akan berakhir imbang.

“Yang perlu diantisipasi adalah intensitas permainan yang sangat tinggi, atmosfer dengan tensi yang tinggi ini. Jadi tadi sempat down, kami sempat tertinggal 3-1 sampai akhirnya berbalik unggul 3-4,” ucapnya.

Afri mengaku, sepanjang pertandingan para pemainnya mampu menjalankan instruksi dengan baik. Padahal, saat itu Lampung berpeluang memenangkan pertandingan.

“Mereka sebenarnya memiliki 3 peluang emas, beruntung tendangan tersebut masih diselamatkan tiang gawang. Sedangkan diawal saya sudah sampaikan kepada semua atlet kami, siapa yang lengah maka dia akan kalah. Saya buat mereka agar tidak memikirkan apa yang harus mereka lakukan, tapi adalah konsentrasi di lapangan,” katanya kepada Kabar Banten.

Afri mengungkapkan, kemenangan tersebut menandakan hasil sempurna sepanjang perjalanan yang didapat Banten di Pra-PON XX 2020 Papua ini.

“Sebab, sepanjang laga yang lewati selalu diakhiri dengan kemenangan. Dengan hasil tersebut Banten memimpin klasemen akhir grup C dengan koleksi 9 poin. Disusul Lampung pada peringkat 2 dengan koleksi 6 poin,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Umum Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Banten Edy Irianto mengaku terharu.

“Anak-anak bermain dengan semangat juang tinggi, mereka mati-matian untuk mengalahkan Lampung. Saya saja yang nonton langsung di lapangan deg-degan, berdoa terus demi keberhasilan Banten. Alhamdulillah hasilnya memuaskan,” tuturnya.

Edy sangat berterima kasih kepada Rizky Nur Wahyullah dkk yang telah mempersembahkan tiket ke PON XX/2020 Papua.

“Semoga tidak seperti pada ajang yang sebelumnya, kami lolos namun tidak berangkat ke PON XIX Jawa Barat karena tidak memenuhi target KONI Banten. Sekarang kami bisa membuktikan diri,” ucapnya.

Ke depan, pria yang menjabat sebagai Bendahara KONI Kota Serang tersebut juga menjanjikan akan mengoptimalkan latihan para pemain agar lebih matang lagi. “Bidikan kami sekarang medali di Papua. Setelah Pra PON, kita langsung geber persiapan,” katanya. (Azzam/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here