Kumala Ajak Warga Tolak Politik Uang

LEBAK, (KB).- Mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Lebak (Kumala) mengajak masyarakat secara tegas menolak praktik politik uang (money politic) dalam Pemilu Rabu (17/4/2019) mendatang. Hal tersebut, dikampanyekan melalui acara aksi “Gowes Sepeda” di sekitar Alun-alun Rangkasbitung, Selasa (12/2/2019).

“Kami secara tegas mengajak kepada warga menolak politik uang pada pemilu nanti. Ajakan ini kami refleksikan melalui gerakan konvoi “Gowes Sepeda”di mulai dari Alun-alun Rangkasbitung menuju Kecamatan Leuwidamar,” kata Ketua Koordinator Kumala Dede Abdul Khodir, di sela-sela acara.

Ia menjelaskan, perjalanan gowes sepeda kampanye tolak politik uang yang diikuti oleh 10 orang ini dilepas oleh Ketua KPU Lebak Nikmatullah, Ketua Bawaslu Lebak Hudori, dan Kanit Sabhara Porles Lebak AKP Asep Jamalaudin, di depan Kantor KPU Lebak, Jalan Abdi Negara.

“Kami menggowes sepeda ke tiga titik daerah di Kabupaten Lebak, untuk tujuan pertama ke wilayah Kecamatan Leuwidamar. Setelah kami tiba di tempat tujuan, tentunya kami akan disambut oleh PPK dan panwascam, serta masyarakat setempat, dan langsung menggelar sosialisasi pemilu damai untuk menyuarakan stop politik uang,” tuturnya.

Menurut dia, kampanye gerakan refleksi aksi damai setelah usai di Kecamatan Leuwidamar akan dilanjutkan ke Kecamatan Cileles dan Lebak Gedong. “Pada intinya, kampanye damai ini bertujuan dalam rangka menolak adanya kampanye politik uang,” ucapnya.

Selain menyuarakan agar masyarakat menolak politik uang, ujar dia, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama memerangi penyebaran ujaran kebencian dan hoax. Masyarakat juga harus berani melaporkan, jika ditemukan kecurangan-kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

“Mari kita ramai-ramai mengampanyekan pemilu damai, tertib, dan bersih dengan menolak politik uang,” katanya.

Sementara, Ketua Banwaslu Lebak Odong Hudori mengajak Kumala untuk bekerja sama untuk melakukan pengawasan tahapan pemilu dan melawan politik uang serta hoax di Kabupaten Lebak.

”Ini adalah sebuah embrio yang akan menyebar ke wilayah lain. Mari kita bangun kerja sama, karena pengawasan tidak hanya diselenggarakan oleh kami saja, akan tetapi oleh masyarakat juga,” katanya.

Ketua KPU Lebak Nikmatullah sangat mengapresiasi aksi Kumala yang telah menyuarakan pemilu damai di Kabupaten Lebak.

”Terima kasih kepada teman-teman Kumala yang telah menyuarakan pemilu damai di Kabupaten Lebak. Sejujurnya, pemilu yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik juga,” ujarnya. (Lugay/PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here