Kuliah Umum di Untirta, Wagub Banten Tantang Mahasiswa Berkontribusi

Andika Hazrumy.*

SERANG, (KB).- Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menantang mahasiswa berkontribusi dalam pembangunan di Banten, dengan konsep good governance. Di era industri 4.0, mahasiswa juga diminta memiliki kecakapan dan kemampuan dalam mengaplikasikan Teknologi Informasi (TI).

“Saya berbagi pengalaman terhadap mahasiswa administrasi publik Untirta dalam mengaplikasikan kebijakan pemerintah, yang memang harus mengadopsi konsep good governance tersebut. Tujuannya, agar pelayanan terhadap masyarakat bisa secara maksimal dan efektif,” kata Andika usai memberikan kuliah umum Program studi (Prodi) Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), di Auditorium Untirta, Rabu (11/9/2019).

Ia menjelaskan, keterlibatan mahasiswa dalam konsep good governance yakni memberikan informasi keterbukaan terhadap publik. Salah satunya, partisipasi aktif bagi masyarakat. Menurut dia, mahasiswa harus bisa mengambil peran untuk mengawal pembangunan, menjadi agent of things agar struktur pembangunan yang dilaksanakan berjalan dengan baik.

“Kapasitasnya masyarakat memberikan pengawasan terhadap kebijakan yang telah dituangkan dan akan dilaksanakan oleh pemerintah. Sementara itu, untuk pemerinah sudah bekerja sama dengan lembaga perguruan tinggi baik penelitian, kerja sama pelatihan dan lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, mahasiswa harus menjadi agen perubahan untuk memberikan kontribusi pemikiran dalam pengawasan pembangunan, melalui mekanisme yang tetap dipegang teguh atas saran nasihat dari dosen dituangkan dalam aspek kajian-kajian, penelitian-penelitian yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi.

“Mahasiswa harus menjadi agen promosi terkait dengan keberadaan era revolusi industri 4.0 salah satunya. Mereka harus berperan aktif dalam cakap memanfaatkan teknologi informasi untuk kebutuhannya di dalam kampus baik untuk proses belajar ataupun lainnya,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here