KTP-El Hilang, Disdukcapil Kabupaten Serang Akan Terapkan Denda

berobat Cukup dengan tunjukkan KTP

SERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang berencana menerapkan denda pada warga yang kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el)-nya hilang. Rencana tersebut, ditargetkan mulai berlaku pada 2020.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Serang Mochamad Mujtahidi mengatakan, tahun depan rencananya Disdukcapil Kabupaten Serang akan membuat peraturan bupati (Perbup) terkait pemberian denda pada warga yang kehilangan KTP-el. Sebab, hal tersebut merupakan salah satu kelalaian warga dalam kepemilikian dokumen kependudukan salah satunya KTP-el.

“Nanti akan kami buat Perbup untuk memberikan denda bagi warga yang kehilangan atau sengaja menghilangkan KTP-el,” katanya kepada Kabar Banten, Sabtu (7/12/2019).

Menurut dia, selama ini sangat banyak warga yang mengajukan pembuatan KTP-el baru dengan alasan kehilangan. Hal tersebut dikhawatirkan adanya warga yang memiliki niatan dalam membuat KTP-el ganda. Sebab, dalam pengawasannya hingga saat ini belum terlalu ketat.

“Sekarang itu banyak yang mengajukan pembuatan KTP-el baru dengan alasan, bahwa KTP-el hilang. Padahal, kami kan tidak tahu benar atau tidak, khawatir malah memiliki dua KTP-el atau ganda,” tuturnya.

Untuk total denda yang akan dikenakan pada warga, dia menuturkan, masih belum dipastikan atau ditetapkan jumlahnya. Hanya saja, nantinya uang tersebut, akan masuk dalam kas daerah sebagai salah satu retribusi.

“Nanti denda itu kami masukkan ke dalam kas daerah sebagai retribusi. Kami tidak memprioritaskan untuk pembuatan KTP-el yang hilang-hilang itu sebenarnya, karena itu bentuk kelalaian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pencetakan KTP-el, pihaknya masih memprioritaskan bagi warga yang benar-benar belum melakukan perekaman atau yang belum memiliki KTP-el, sehingga untuk warga yang kehilangan KTP-el akan dibuatkan, namun kemungkinan akan diberikan surat keterangan (Suket).

“Kalau untuk yang baru perekaman dan belum memiliki blangko, itu yang kami utamakan. Nanti untuk yang kehilangan paling kami berikan suket dulu,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here