KTP-El Ditarget Rampung Sebelum Pencoblosan

SERANG, (KB).- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Banten menargetkan warga Banten yang sudah memenuhi syarat dapat memiliki KTP elektronik (e-KTP) pada 15 April 2019. Tujuannya, untuk melindungi hak suara masyarakat pada pemungutan suara pemilu 2019.

Kepala DP3AKKB Banten Sitii Ma’ani Nina mengatakan, berdasarkan laporan kabupaten/kota sampai Januari 2019, sejauh ini ada kabupaten/kota yang sudah selesai melakukan perekaman e-KTP dan tinggal melakukan pencetakan, yaitu Kota Cilegon, Kota Tangsel, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Lebak.

“Kalau Kota Tangerang, Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang tinggal menunggu pencetakan KTP. Kita juga masih menunggu data yang Februari, ini masih dikumpulkan dari kabupaten/kota,” katanya, Jumat (8/3/2019).

Penyelesaian perekaman oleh sejumlah kabupaten/kota tidak luput dari upaya mereka yang tidak henti membuka pelayanan. Bahkan pelayanan untuk perekaman tetap dibuka pada Sabtu, Minggu dan pada tanggal merah. “Kita terus kejar, makanya pelayana terus buka baik hari Sabtu dan Minggu juga pada hari-hari libur atau tanggal merah,” katanya.

Agar masyarakat segera memiliki e-KTP ia berharap print ready record (PRR) dan surat keterangan (suket) dalam posisi nol. “Kabupaten/kota yang PRR dan suket nya nol itu Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangsel dan Kabupaten Lebak,” ujarnya.

Sementara untuk Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Kota Tangerang masih menunggu percetakan. “Beberapa dianataranya juga meminta bantuan dari pusat karena cetaknya di atas 20 ribu. Karena kalau kapasitas per hari itu tidak kekejar. Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman kabupaten/kota yang telah bekerja keras,” tuturnya.

Kasi Pembinaan Kependudukan pada DP3AKKB Banten Syaefulloh membenarkan, secara umum proses perekaman e-KTP di kabupaten/kota sudah rampung dan tinggal menunggu proses cetak. Adapun kabupaten/kota yang masih mencetak di pusat yakni, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Kota Tangerang.

“Kalau data rincinya saya nggak hafal karena bvelum ada lap;oran dari temen-temen kabupaten/kota. Tapi yang jelas, semuanya sudah melakukan perekaman tinggal cetak saja,” tutunya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here