Sabtu, 23 Februari 2019

KSR PMI Unbaja Trauma Healing Anak-Anak Korban Bencana

SERANG, (KB).- Personel UKM KSR PMI Unbaja melalukan pemulihan trauma (trauma healing) terhadap anak- anak korban bencana tsunami. Selain trauma healing, mereka juga melakukan evakuasi dan pelayanam kesehatan.

Diketahui KSR Unbaja ditempatkan di dua daerah yang terdampak tsunami yakni di Cinangka Kabupaten Serang dan Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang. Di Cinangka sebanyak 5 personel ditempatkan sejak tanggal 23 Desember 2018.

Anggota UKM KSR Unbaja Eka mengatakan, selain dirinya, personel yang diturunkan ke lokasi bencana adalah Ali, Irfan, Dimas dan Eka. Pada hari pertama tim berkoordinasi terlebih dahulu dengan kepala desa dan bidan.

Setelah itu tim menurunkan logistik, dan pada siang harinya, tim melakukan sosialisasi terkait layanan kesehatan gratis. Lebih lanjut Eka mengatakan pada sore hari, tim mulai melakukan pelayanan kesehatan gratis hingga malam yang dilakukan di posko satu Kampung Jambu Atas.

Pada hari kedua tim juga membagikan logistik dan pelayanan kesehatan di posko dua Kampung Jambu Atas.
Sementara untuk wilayah sumur, personel KSR Unbaja menempatkan 3 personel bersama relawan lainnya dari PMI Kota Serang yaitu Najdi, Safrawi, dan Holil.

Tim ini tiba sore hari (23/12) dan sempat melakukan evakuasi terhadap salah satu jenazah korban tsunami yang ditemukan di pantai Cemara. Selanjutnya korban diserahkan ke Kecamatan Sumur dan tim langsung mendirikan Posko PMI dengan membawa bantuan logistik yang ditujukan bagi korban di wilayah Sumur. Tim selain melakukan evakuasi dan pelayanan kesehatan juga melakukan trauma healing terhadap anak-anak di lokasi bencana.

Ditempat terpisah, Kabag Kemahasiswaan, Presiden Mahasiswa dan Mahasiswa Unbaja lainnya menggelar Aksi kemanusiaan di acara Car Free Day Alun-alun Kota Serang. Minggu, (30/12/2018).

Presma Unbaja, Rohmatullah mengatakan, acara ini digelar oleh semua organisasi internal yang ada di Universitas Banten Jaya. Kegiatan amal ini diorientasikan untuk penanganan pasca bencana. Dalam kegiatan aksi kemanusiaan hadir Hendra selaku kabag kemahasiswaan Unbaja. (KO)*


Sekilas Info

Kenalkan Prokasih, UPI Serang Kunjungi Unsera

SERANG, (KB).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang mengunjungi Universitas Serang Raya (Unsera) untuk memperkenalkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *