Sabtu, 17 November 2018

KPU Pandeglang Siapkan Dapil Pemilu 2019

PANDEGLANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, melakukan persiapan penetapan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu Legislatif 2019. “Kita sudah melaksanakan rapat koordinasi internal terkait persiapan dapil.

Terkait dengan kegiatan tersebut, diharapkan dipersiapkan dengan sebaik mungkin baik dalam hal anggaran ataupun hal teknis lainnya sehingga setiap kegiatan bisa berjalan dengan baik,” kata Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i di Pandeglang, Kamis (23/11/2017).

Ia juga menyatakan pentingnya melaksanakan dan mengagendakan sosialisasi mengenai penataan dan penetapan dapil, baik pada partai politik, pemerintah daerah, ormas serta pemangku kepentingan lainnya.

Ketua Divisi Teknis KPU Pandeglang Ade Mulyadi menyatakan, dasar hukum untuk penataan dapil dan alokasi kursi yaitu Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 7 Tahun 2017. Sedangkan sumber data mengacu pada Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK 2) yang diserahkan oleh Kemendagri kepada KPU.

Untuk penataan dapil mengacu pada 7 prinsip yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsionalitas, integritas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, serta kesinambungan. “Pada prinsipnya untuk di Kabupaten Pandeglang, kemungkinan besar tidak ada perubahan dapil,” ujarnya.

Pada proses penataan dapil nanti, publik akan dilibatkan secara langsung melalui mekanisme uji publik terhadap draft usulan dapil yang disusun oleh KPU Pandeglang. KPU Pandeglang juga telah menerima persyaratan calon peserta Pemilu 2019 dari 19 partai politik.

Proses penyerahan kembali dokumen persyaratan ini dilaksanakan dari tanggal 20-22 November 2017.
Selanjutnya KPU Pandeglang akan melakukan penelitian administrasi terhadap partai yang telah menyerahkan dokumennya dari tanggal 23 November 2017 sampai dengan 1 Desember 2017. (TN/Ant)***


Sekilas Info

Pemilih Pemula Perempuan Diberikan Pendidikan Politik

PANDEGLANG, (KB).- Pemilih pemula perempuan diberikan pendidikan politik dalam kegiatan “Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula Perempuan”, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *