KPU Kota Serang Siapkan 3 Titik Kampanye Rapat Umum Pemilu 2019

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang telah menetapkan lokasi untuk kampanye rapat umum Pemilu 2019. Sementara ini, ada tiga titik yang disiapkan, yaitu Stadion Maulana Yusuf, Citra Gading, dan Sawah Luhur.

“Saat ini di Halaman Stadion Maulana Yusuf, Citra Gading, dan Sawah Luhur. Kalau sore ini (kemarin) kami mendapat kepastian Lapangan Boru bisa digunakan, berarti kami punya empat lokasi kampanye,” kata Komisioner KPU Kota Serang Fahmi Musyafa, saat menyosialisasikan aturan berkampanye di media massa kepada peserta pemilu di salah satu rumah makan Kota Serang, Kamis (21/3/2019).

Ia menjelaskan, ketiga lokasi tersebut, merupakan tempat luas yang diperbolehkan menggelar kampanye terbuka. Untuk lokasi di Sawah Luhur, ujar dia, lokasinya bekas urugan yang sangat luas. Meskipun kurang familiar, namun dia mengklaim lokasinya sangat strategis. “Lokasinya bekas urukan, sangat strategis,” ucapnya.

Sementara, dalam sosialisasi tersebut, KPU menyampaikan Surat Keputusan (SK) KPU RI Nomor 581 sebagai petunjuk teknis penayangan kampanye di media massa.

Ia menuturkan, dalam SK tersebut, KPU hanya memfasilitasi iklan di media massa untuk peserta pemilu, yaitu calon presiden dan wakil presiden, partai politik, calon anggota DPD, dan partai lokal (Aceh). Dalam hal tersebut, KPU Provinsi memfasilitasi hanya untuk anggota DPD.

“KPU kabupaten/kota tidak memfasilitasi iklan kampanye peserta pemilu, hanya ada klausul penambahan iklan bagi peserta pemilu itu dilakukan secara mandiri oleh peserta pemilu sendiri,” tuturnya.

Dalam berkmpanye di media massa, peserta pemilu juga diatur terkait ukuran dan durasi. Ukuran untuk media cetak (koran), yakni maksimal satu halaman, untuk televisi (TV) maksimal 30 detik, dan radio maksimal 60 detik.

“Ada ukurannya, kalau larangan tidak ada. Yang jelas peserta pemilu harus menaati aturan KPU, misalkan ukuran untuk di media cetak harus satu halaman. Boleh setengah halaman misalnya, berarti nanti masih punya jatah setengah halaman,” katanya.

Dalam SK tersebut, ujar dia, terdapat aturan jika calon legislatif (caleg) diperbolehkan memasang foto. Sebelumnya, caleg tidak diperkenankan menayangkan foto, hanya nama dan dapil saja.

“Di aturan terbaru berdasarkan SK 581, peserta pemilu boleh mencantumkan gambar foto caleg. Itu sebelumnya kan gak boleh, baik cetak, elektronik, TV atau radio,” ucapnya. Penayangan iklan kampanye, tutur dia, akan berjalan selama 21 hari, yaitu mulai dari Ahad (24/3/2019) hingga Sabtu (13/4/2019). (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here