KPU Kota Serang Kukuhkan Relawan Demokrasi

PELANTIKAN relawan demokrasi Pilkada Kota Serang di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (6/4/2018).*

SERANG, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang mengukuhkan relawan demokrasi Pilkada Kota Serang. Relawan demokrasi yang berjumlah 12 orang itu bertugas membantu KPU dalam menyosialisasikan Pilkada Kota Serang kepada masyarakat.

Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin mengatakan, relawan demokrasi bertugas sosialisasi kepada enam segmentasi pemilih, yaitu pemilih pemula, perempuan, difabel, tokoh masyarakat dan lansia. Setiap dua relawan demokrasi menangani satu segmentasi. “Mulai bulan ini bertugas selama 3 bulan ke depan,” katanya seusai melantik relawan demokrasi Pilkada Kota Serang di Kantor KPU Kota Serang, Jumat (6/4/2018).

KPU berharap kehadiran relawan demokrasi dapat meningkatkan partisipasi Pilkada Kota Serang hingga mencapai angka minimal 70 persen. KPU menyadari masih membutuhkan bantuan banyak komponen untuk mencapai target tersebut. “Tugas mereka dalam rangka membantu KPU untuk sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Relawan demokrasi dipercayai dapat membantu KPU karena mereka berasal dari latar belakang organisasi yang mempunyai jaringan masing-masing. “Mereka punya jaringan tersendiri, adanya bisa menjembatani KPU, utamanya meningkatkan partisipasi pemilih,” ucapnya.

Relawan demokrasi dapat menyampaikan materi tentang pilkada secara umum, tahapan berikut pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Mekanisme sosialisasi dapat dikemas sesuai dengan segmentasi pemilih. Misalnya segmentasi perempuan, mereka punya program sendiri seperti menyampaikan kepada perempuan.

Ia menuturkan, relawan demokrasi agar bekerja maksimal dan tetap menjaga netralitas. Jangan sampai relawan demokrasi menggiring masyarakat memilih salah satu pasangan calon. “Mereka harus paham betul tentang kampanye, tentang pencalonan, paling penting tentang pemungutan suara,” tuturnya.

Dalam beberapa kesempatan Heri optimistis dapat mencapai target yang sudah ditetapkan. Karena letak geografis Kota Serang terbilang mudah untuk dijangkau, sehingga sosialisasi dapat dilakukan hingga seluruh pelosok. “Letak geografis sasaran sosialisasi di Kota Serang tidak ada yang sulit. Untuk Kecamatan Kasemen dan Taktakan juga durasi waktu tempuh yang dibutuhkan tidak lama. Jadi kalau letak geografis tidak menyulitkan,” katanya.

KPU telah melakukan beberapa upaya salah satunya gencar melakukan sosialisasi dengan cara tatap muka menyasar segmentasi pemilih kelompok agama, kelompok perempuan, kelompok pinggiran, penyandang disabilitas, dan kelompok pemula.
Khusus untuk kelompok pemula KPU juga mengemas sosialisasi dengan kegiatan lomba membuat video memilih, lomba bulu tangkis dan lain-lain. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here