KPU Kota Cilegon Mulai Rakit Kotak Suara


CILEGON, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon sepekan terakhir tengah melakukan perakitan kotak-kotak suara. KPU Kota Cilegon mengerahkan para staf untuk merakit sebanyak 6070 kotak berbahan kardus tersebut, sebelum didistribusikan ke 1.214 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di delapan kecamatan Kota Cilegon.

Ketua KPU Kota Cilegon Irfan Alfi mengatakan, perakitan kotak suara akan dilakukan hingga 15 Februari. “Kami telah merakit kotak suara sejak pekan lalu. Targetnya selesai tiga hari lagi, hingga 15 Februari,” katanya saat ditemui di Kantor KPU Kota Cilegon, Selasa (12/2/2019).

Menurut Irfan, perakitan dilakukan seiring menunggu logistik lain yang belum datang. Diantaranya surat suara yang rencananya akan didistribusikan KPU Pusat pada 14 Maret. “Proses perakitan dilakukan secara paralel, karena kami sedang menunggu surat suara yang belum datang,” ujarnya.

Usai perakitan kotak suara, pihaknya akan menyusun kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jika semua lengkap, maka pihaknya akan mendistribusikan logistik pemungutan suara awal April mendatang.

“Distribusi kami lakukan pada awal April ke PPK dan PPS. Pada proses pengemasan logistik nanti, kami akan melibatkan para petugas PPK dan PPS. Ini agar mereka ikut mengawasi pengepakan logistik,” tuturnya.

Untuk menjaga kotak-kotak suara dari kerusakan, pihaknya melakukan kontrol hama khususnya tikus, serta memasang palet di lantai gudang.

“Kami melakukan proses paleting, lantai gudang kami pasang alas palet. Disamping itu, kami lakukan kontrol hama, tiga kali seminggu. Kondisi gudang juga kami kontrol, baik dari kebocoran maupun rembes air,” ungkapnya.

Irfan pun menuturkan, pihaknya masih kekurangan sekitar 100 kotak suara. Ini untuk kepentingan rekapitulasi suara di PPK.

“Kami masih ada kebutuhan 11 kotak suara per PPK, juga untuk TPS. Jadi masih ada kekurangan kurang lebih 100 kotak suara,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here