KPU Ajukan Rp 36 M untuk Pilkada Kota Cilegon 2020

CILEGON, (KB).- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mengajukan anggaran untuk melaksanakan kegiatan Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kota Cilegon 2020 sebesar Rp 36 miliar.

Ketua KPU Kota Cilegon Irvan Alvi mengatakan, tahapan pilkada Kota Cilegon 2020 dimulai September 2019. ”Untuk kegiatan tersebut, kami mengajukan alokasi anggaran sekitar Rp 36 miliar,” katanya ketika ditemui di kantornya, Selasa (25/6/2019).

Alokasi anggaran tersebut, kata dia, sampai saat ini masih dalam proses pembahasan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon. Dia menargetkan, pada saat mengawali proses tahapan, anggaran tersebut sudah disetujui.

”Kami sudah melakukan pertemuan beberapa kali dengan Pemkot Cilegon, hanya tinggal pematangan saja dan menunggu keputusan,” ujarnya.

Menurut dia, jika sudah melewati proses pembahasan dan mendapat persetujuan Pemkot Cilegon, selanjutnya tinggal penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).

Penyelenggaraan Pilkada Cilegon pada tahun 2015, kata dia, mengajukan anggaran sebesar Rp 18,8 miliar. Namun pada pelaksanaan terdapat Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) Rp 1,7 miliar.

Sekretaris KPU Cilegon Aditya menuturkan, seperti yang sudah dilakukan anggaran yang menelan biaya besar adalah honor sekretariat hingga penyelenggara pemilu seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), percetakan surat suara dan alat peraga kampanye.

Pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkot Cilegon terkait pengajuan besarnya anggaran Pilkada 2020 tersebut. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here