Kamis, 15 November 2018
Sejumlah anggota Komunitas Peduli Pariwisata Carita mengampanyekan tertib dan sadar wisata untuk menjaga kebersihan Pantai Carita, Ahad (29/7/2018).*

KPPC Kampanye Tertib Berwisata

PANDEGLANG, (KB).- Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC) menyerukan sekaligus mengampanyekan sadar dan tertib wisata di kawasan Pantai Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Ahad (29/7/2018). Gerakan konkret KPPC tersebut dengan cara menebar di sejumlah lokasi wisata bertuliskan ”Selamat Datang di Kawasan Wisata Pantai Carita, Tertib Wisata dan Jagalah Kebersihan”.

Gerakan kampanye wisata tersebut dimotori langsung Ketua KPPC, Frangky Supriadi dan berkoordinasi dengan pengelola atau pemilik wisata, hotel dan restoran di kawasan Pantai Carita, Dinas Pariwisata (Dispar) dan pihak lainnya. Spanduk berisi ajakan sadar wisata yang dipasang di kawasan wisata dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 2 meter.

Ketua KPPC, Frangky Supriadi mengatakan, dirinya bersama seluruh anggota KPPC sangat serius terhadap penataan dan pengembangan seluruh objek wisata Pantai Carita. Karena bagaimanapun juga, lanjut Frangky, Carita merupakan salah satu kawasan wisata pantai yang cukup menasional dan banyak diidolakan wisatawan.

Karenanya, keindahan wisata Carita harus terus dipertahankan dan harus kembali terwujud.  ”Secara perlahan kita akan melakukan penataan di seluruh kawasan wisata Pantai Carita ini, tentunya melibatkan seluruh stakeholder yang ada, khususnya para pelaku dan pengelola wisata Carita,” kata Frangky.

Dikatakan dia, objek wisata Pantai Carita harus terjaga kebersihannya. Karena, dengan lingkungan bersih akan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Selain itu, lanjut Frangky, Carita harus aman dan nyaman bagi wisatawan. Sehingga para wisatawan yang berkunjung bisa menikmati sarana prasarana yang ada, termasuk keindahan panorama dan alam wisata Carita.

Menurut dia, tertib wisata juga salah satu kunci kemajuan dan perkembangan wisata Carita. Artinya, berwisata itu harus teratur dalam segala hal seperti kesadaran semua pihak untuk membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, para pedagang tidak mengganggu wisatawan dan memberikan kenyamanan bagi hak pejalan kaki sebagai pengguna trotoar di sepanjang jalur wisata.

”Jika sudah begitu, setiap wisatawan yang datang ke Carita akan merasa aman dan nyaman. Sehingga, ada kesan yang baik selama berwisata di Pandeglang. Dengan begitu, kesan indah, nyaman dan nyaman akan membuat wisatawan kembali berwisata ke Pantai Carita,” ujarnya.

Selain itu, kata Frangky, perlu ada pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dari perbatasan Carita- Pasauran sampai perbatasan Serang dan perbatasan Carita-Labuan tepatnya di jalur Caringin. Dengan kelengkapan PJU, maka jalur wisata akan terlihat terang benderang sehingga wisatawan akan merasa nyaman saat bepergian malam hari di jalur wisata.

Sementara itu, Humas KPPC, Rohman menambahkan, ke depan KPPC akan menggelar beberapa event pariwisata untuk menarik dan meningkatkan angka kunjungan wisatawan. Namun saat ini dirinya masih memaksimalkan koordinasi dan konsolidasi internal.

”Kalau dulu pernah digelar syukuran memperingati meletusnya Gunung Krakatau, kenapa tidak nanti event wisata itu akan kami adakan lagi. Termasuk avent-event wisata lainnya,” ujarnya.

Hal hampir senada dikatakan penasihat KPPC, Teja Heriana. Ia mengaku, keberadaan KPPC akan memberikan sumbangsih dan dampak positif bagi perkembangan kawasan wisata Pantai Carita. Meski demikian, Teja mengakui sampai sekarang pengunjung yang datang ke Carita belum menikmati sesuatu yang baru dan berkesan di wisata Carita.

“Artinya, secara kuantitas jumlah pengunjung meningkat. Hanya saja, secara kualitas Carita butuh pembenahan. Ini saatnya kita bergandengan tangan, memajukan potensi daerah yang kita miliki,” tuturnya. (EM)*


Sekilas Info

Mahasiswa Kritisi Proyek DPUPR

PANDEGLANG, (KB).- Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Pandeglang mengkritisi proyek …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *