Jumat, 22 Februari 2019

KPM UPI Belajar Jurnalistik di Kabar Banten

SERANG, (KB).- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Pers Mahasiswa (KPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang berkunjung ke Kantor Redaksi Harian Umum (HU) Kabar Banten, Senin (10/12/2018). Tujuan kunjungan mahasiswa tersebut, untuk mengenal lebih jauh proses produksi media massa.

Pada kesempatan tersebut, sebanyak belasan mahasiswa diajak untuk melihat proses produksi mulai dari menulis berita oleh wartawan, pengeditan oleh redaktur, bagian layout sampai pada print dummy. Mereka juga dikenalkan ruang media online Kabar Banten hingga melihat proses streaming Kabar TV.

Ketua PKM UPI Kampus Serang, Mia Komariah mengatakan, tujuan kunjungan tersebut, ingin mengenal proses produksi media massa dan untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang jurnalistik. “Terima kasih kepada Kabar Banten sudah menerima kedatangan kami. Kunjungan dilakukan untuk mengetahui proses produksi media langsung dari praktisinya,” katanya.

Ia menuturkan, kunjungan tersebut bisa memberikan wawasan tentang jurnalistik, dimulai dari mencari berita hingga pada proses pencetakan. Sebab, ujar dia, UKM PKM masih sangat baru yang perlu mengenal proses media massa lebih dalam. “Kegiatan tersebut mudah-mudahan bisa memberikan manfaat yang baik, memberikan pengalaman untuk mendalami dunia jurnalistik,” ucapnya.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi (Pemred) HU Kabar Banten, Maksuni Husen mengatakan, Kabar Banten tidak hanya fokus pada media cetak. Saat ini, Kabar Banten juga sedang mengembangkan platform baru, yaitu kabar-banten.com dan Kabar Banten TV. “Perkembangan media daring begitu pesat membuat media cetak untuk terus berinovasi,” tuturnya.

Ia menuturkan, Kabar Banten juga menggaet pembaca dari generasi milenial bernama Bantenezia. “Berita yang disajikan tidak hanya berupa teks, melainkan didukung video,” katanya. Ia mengatakan, Kabar Banten membuka kesempatan bagi mahasiswa yang memiliki minat untuk bergabung menjadi jurnalis di koran yang memiliki tagline “kritis dan santun” tersebut.

“Untuk bisa jadi seorang wartawan harus banyak baca. Mudah-mudahan kunjungan mereka bisa memberikan manfaat dan pengalaman mereka tentang proses produksi di media massa,” ujarnya. (DE/YA)*


Sekilas Info

Kenalkan Prokasih, UPI Serang Kunjungi Unsera

SERANG, (KB).- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang mengunjungi Universitas Serang Raya (Unsera) untuk memperkenalkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *