Minggu, 22 Juli 2018

Kotak Kosong, KPU Kab.Tangerang Tunggu Instruksi

TANGERANG, (KB).- Pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati di ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Tangerang sampai saat ini hanya satu paslon yang mendaftar di komisi pemilihan umum (KPU). Sehubungan itu, KPU Kabupaten Tangerang masih menunggu instruksi dari KPU Provinsi Banten dan KPU RI mengenai aturan paslon tunggal melawan kotak kosong tersebut.

Komisioner Teknis KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zaenal Abidin mengatakan, belum mengetahui peraturan mekanisme pemilihan jika melawan kotak kosong. “Aturannya masih menunggu arahan dari KPU RI, waktu penyelenggaraan pilkada gelombang pertama 2015 termasuk juga 2017, ada PKPU tersendiri tentang Pemilihan Gubernur Bupati Wali Kota, dengan satu pasangan calon,” katanya, Jumat (12/1/2018).

Ia menuturkan, hingga kini masih menunggu arahan KPU Provinsi Banten mengenai aturan yang berlaku. Nantinya, apakah ada PKPU tersendiri atau kah menggunakan PKPU Nomor 14 Tahun 2015. “Nanti di sana ada PKPU-nya tersendiri, kami belum tahu arahan KPU provinsi seperti apa, apakah nanti menggunakan PKPU lama atau baru, kalau menggunakan PKPU yang lama ada di PKPU Nomor 14 Tahun 2015,” ujarnya.

Sementara, untuk syarat persentase suara untuk menang, ucap dia, tidak ada ketentuan khusus jumlah suara yang harus diperoleh pasangan calon. Pasangan calon dapat dikatakan menang jika memperoleh suara lebih banyak dari kotak kosong. “Tidak ada ketentuan itu (jumlah suara), pokoknya satu paslon, apabila memiliki suara terbanyak, maka itu akan terpilih,” ucapnya. (DA)***


Sekilas Info

Pemkot Tangerang Gratiskan PBB dan BPHTB Waris

TANGERANG, (KB).- Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kota Tangerang menggelar sosialisasi tentang pajak bumi dan bangunan (PBB) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *