Kota Serang tak Punya Madrasah Negeri

SERANG, (KB).- Kementerian Agama (Kemenag) Banten melalui Bidang Pendidikan Madrasah terus berupaya memperbanyak madrasah negeri di Banten. Saat ini, ada 2.368 madrasah swasta di Banten dan 75 madrasah negeri. Namun, masih ada daerah yang tidak memiliki madrasah bersatus negeri yakni Kota Serang.

“Kami setiap tahun berupaya untuk menambahkan madrasah negeri. Dari delapan kabupaten dan kota di Banten, ada yang belum memiliki Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) satu pun yakni di Kota Serang, sehingga kami megusulkan untuk Kota Serang mempunyai MIN,” kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Banten Idris Jamroni, di Kemenag Banten, Rabu (4/12/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya berencana akan menambah madrasah negeri dengan menyosialisasikan kepada yayasan ataupun perseorangan yang ingin madrasahnya di-negerikan. Penegerian itu selalu ada. Seperti tahun kemarin, kata dia, Banten mendapatkan jatah 7 madrasah dari swasta menjadi negeri.

“Kami berharap pada 2020 ada lagi menambahan madrasah negeri. Kami selalu meminta kepada Kemenag pusat untuk mengusulkan madrasah swasta menjadi negeri, sehingga kami akan berupaya agar madrasah negeri ada di Kota Serang,” ujarnya.

Ia mengatakan, di Banten jumlah madrasah dari tingkat Raudatul Athfal (RA) ada 1.268, Madrasah Ibtidaiyah (MI) 1.030, Madrasah Tsanawiyah (MTs) 969, dan Madrasah Aliyah (MA) 406. Sehingga, 97 persen madrasah masih berstatus swasta dan 3 persen berstatus negeri. Pihaknya akan terus berupaya memperbanyak madrasah-madrasah negeri, yakni dengan mengubah status madrasah swasta menjadi negeri.

“Kalau ada madrasah negeri yang bertambah layanan pendidikan aksesnya tambah luas. Selain itu, madrasah negeri itukan tanggung jawab pemerintah, kalau swasta kan dibiayai masyarakat dan pemerintah hanya membantu. Madrasah negeri memilik fasilitas sarana dan prasarana lebih lengkap,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here