Kota Serang ‘Pilot Project’ Organisasi Guru KIDS

SERANG, (KB).- Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) bersama Education International (EI) menunjuk Kota Serang sebagai pilot consortium project district atau kabupaten/kota percontohan. Hal tersebut untuk mewujudkan organisasi guru Kuat, Independen, Demokratis, dan Sinambung (KIDS).

Ketua PGRI Kota Serang Tubagus Urip Henus mengatakan, dalam mewujudkan hal tersebut, pihaknya memberikan pelatihan. Hal tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas guru dalam menuntun siswanya mencapai tujuan dan keinginannya dalam belajar.

Ia menjelaskan, dalam pembaruan sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia saat ini, guru dituntut untuk menyadari tujuan dari kegiatan mengajar dengan titik tolak kebutuhan siswa. Oleh karena itu, dalam merancang sistem belajar, langkah pertama yang dilakukan, adalah membuat tujuan instruksional.

“Jadi, guru dituntut untuk paham dan mengerti dari segala bidang. Jangan hanya mengajar saja di dalam kelas, tapi juga diharuskan bisa memahami apapun termasuk perilaku anak didiknya,” katanya, Rabu (18/9/2019).

Instruksional tersebut, ujar dia, terbagi menjadi dua bagian, seperti Tujuan Instruksional Umum (TIU) untuk tujuan pengajaran terhadap perubahan prilaku siswa. Masih dalam belajar, itu juga merupakan perubahan internal yang belum dapat dilihat dan diukur.

“Kata kerja dalam tujuan umum pengajaran itu sendiri masih mencerminan perubahan prilaku. Umumnya terjadi pada manusia, sehingga masih menimbulkan beberapa penafsiran yang berbeda-beda,” ucapnya.

Kemudian, tutur dia, ada juga Tujuan Instruksional Khusus (TIK), yang merupakan tujuan pengajaran perubahan perilaku telah dapat dilihat dan diukur.

“Kata kerja yang menggambarkan perubahan perilaku secara spesifik, sehingga memungkinkan dilakukan pengukuran tanpa menimbulkan berbagai perbedaan penafsiran,” katanya.

Ia berharap, setiap guru dapat bisa membantu menekan angka kejahatan terhadap anak di Kota Serang. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here