Rabu, 23 Mei 2018

Kota Cilegon Tuan Rumah Kirab Pemuda 2017

CILEGON, (KB).- Kota Cilegon menjadi salah satu tuan rumah Kirab Pemuda 2017. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi, Jumat (10/11/2017). Rakor dihadiri oleh Plt Wali Kota Cilegon Edi ariadi, Sekda Kota Cilegon Sari Suryati, Kabid Kreatifitas Pemuda Kemenpora Yudistira, Deputi Pemberdayaan Pemuda Yosi, dan perwakilan Forkominda.

Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi mengatakan, dalam dua bulan terakhir, Kota Cilegon sudah tiga kali dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan nasional. Diantaranya adalah Festival Karawitan, Gowes Nasional dan sekarang Kirab Pemuda 2017.

Ia menuturkan, Kirab Pemuda 2017 ini akan banyak melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat daerah (OPD). Namun sebagai “leading sector” Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Dinas Perhubungan (Dishub), dn Dinas Pendidikan (Dindik).

Kegiatannya cukup banyak, mulai Ahad-Rabu (19-22/11/2017), meliputi pawai dan parade budaya, ada olah raga rekreasi masyarakat sampai dengan acara religius gerakan pemuda membaca kitab suci.
Ia mengaku siap menyukseskan kegiatan tersebut, bahkan rapat ini akan dilanjutkan sampai benar-benar dalam kegiatannya nanti tidak ada masalah.

Persiapannya, nanti ada tenda 10 meter bias dihalaman pemkot, diisi oleh produk kuliner khas cilegon. Intinya kami siap meramaikan even tersebut. Pihaknya sudah meminta kepada OPD agar mempersiapkan segala sesuatunya. Pekan depan pihaknya akan melakukan rapat pemantapan.

Sementara itu Kepala Dispora Kota Cilegon Teten Hertiaman mengatakan, Kirab Pemuda 2017 merupakan event nasional menyambut Asian Games 2018. Dimana Kota Cilegon menjadi tempat persinggahan yang ke-15 setelah Miangas. Bangka Belitung, dan Sumatera.

Tujuan kegiatan ini adalah wahana kebhinekaan, kebebasan, persamaan, persaudaraan dan persatuan pemuda melalui kegiatan kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetititf dan tak terlupakan. Kemudian juga meningkatkan partisipasi dan menggali potensi pemuda dalam mengembangkan kreativitas untuk mendukung pembangunan nasional.

Kirab Pemuda 2017, diisi oleh pemuda dari berbagai provinsi yang jumlah ke semuanya 36 para pemuda yang berasal dari berbagai daerah dengan berbagai perbedaan budaya dan ras dari 34 provinsi di Indonesia.

Program kirab pemuda untuk mempersatukan para pemuda di seluruh Indonesia. seperti 27 tahun yang lalu, ada Program bernama Kirab Remaja Nasional, untuk saling mengenal perbedaan wilayah, suku, ras dan agama semi memperkuat rasa Kebhinekaan di kalangan anak muda. Keberadaan Program kirab pemuda menjadi penting dan strategis, oleh karena itu pemuda Indonesia harus memiliki pemahaman yang baik dalam menerima perbedaan. (HS)***


Sekilas Info

Arus Mudik Lebaran 2018, Terminal Terpadu Merak Siapkan 116 Bus

CILEGON, (KB).- Terminal Terpadu Merak (TTM) menyiapkan 116 bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) untuk menghadapi arus mudik, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *