Rabu, 21 November 2018

Korpri Kampanyekan Donor Darah

Dalam rangka Hari Ulang Tahun atau HUT ke-46, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) diisi dengan kegiatan bakti sosial donor darah. Kegiatan tersebut selain untuk memenuhi target kebutuhan darah di Pandeglang, juga bagian dari kampanye donor darah kepada masyarakat. Pelaksanaan donor darah melibatkan pendonor dari aparatur sipil negara (ASN) dan aparat kepolisian itu dilaksanakan di Pendopo Pandeglang, Rabu (22/11/2017).

Ketua Seksi Bakti Sosial Panitia HUT Korpri, Tati Suwagiharti mengatakan, baksos tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah daerah untuk mengajak semua elemen masyarakat bersama-sama memeriahkan HUT Korpri serta meningkatkan kesadaran minat untuk mendonorkan darah.  “Untuk kegiatan donor darah, kami mengundang masyarakat, aparat kepolisian, dan ASN. Targetnya diharapkan bisa mencapai 80 orang,” kata Tati.

Menurut Tati, dengan masih kekurangannya stok kantong darah di Pandeglang, hal ini agar menjadi perhatian semua pihak. Terutama bagi para pegawai di lingkungan Pemkab agar giat mendonorkan darahnya. ”Kita mengharapkan semua pegawai bisa ikut serta. Di Pandeglang sering kali kekurangan stok darah. Makanya kegiatan donor darah ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan darah bagi kepentingan orang banyak,” ucapnya.

Kegiatan donor darah tersebut, lanjut dia, sebagai bagian dari kepedulian sosial, terutama untuk menolong kebutuhan darah bagi orang yang sakit. Dengan begitu, semakin banyak masyarakat yang mendonorkan darahnya, diharapkan bisa ikut membantu pasien di rumah sakit. ”Kalau semua jadi pendonor, otomatis kebutuhan darah bisa tercukupi, dan pasien juga tidak harus jauh untuk mencari darah ke luar Pandeglang,” ujarnya.

Sementara itu, petugas teknisi Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Pandeglang Atina Salama, mengajak masyarakat untuk bisa mendonorkan darahnya. Sebab menurutnya, saat ini pendonor di Pandeglang dirasakan masih rendah.  ”Target stok darah memang selalu tidak tercapai. Hari ini saja kami hanya mendapatkan 34 kantong darah. Saya berharap, ke depan minat masyarakat dalam mendonorkan darahnya lebih meningkat,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Pandeglang, Ade Muamar menyambut baik peringatan HUT Korpri disemarakkan dengan kegiatan kemanusiaan seperti gelar donor darah. Berbicara kebutuhan darah memang teringat dengan kata-kata orang bijak “setetes darah sangat berharga bagi keselamatan manusia”. Artinya, bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang sedang sakit membutuhkan darah. “Mudah-mudahan, agenda donor darah bisa terus dikampanyekan oleh pemerintah daerah agar bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat yang sedang membutuhkan darah,” tuturnya.

Menurutnya, upaya menyadarkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya bukan hal mudah. Namun butuh waktu lama, dan harus disosialisasikan lebih dalam tentang manfaat menjadi donor darah. Kampanye ini penting agar memberikan pengetahuan kesehatan bagi orang yang bersedia mendonorkan darahnya. (Iman Fathurohman)***


Sekilas Info

Pandeglang Darurat LGBT dan Degradasi Moral Anak

PANDEGLANG, (KB).- Penyimpangan perilaku seksual seperti lesbian, gay, bisexual, dan transgender (LGBT) di lingkungan pelajar sedang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *