Korpri Harus Jadi Pemersatu Bangsa

KORP Pegawai Republik Indonesia (Korpri) memasuki usia ke-48 tahun memiliki tantangan yang tidak ringan. Karena, selain sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, aparatur sipil negara (ASN) memiliki fungsi yang teramat sakral, yaitu sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi saat acara memperingati HUT ke-48 Korpri tahun 2019 di Lapangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pekerjaan Umum Jalan Siliwangi, Pasir Ona, Rangkasbitung, Jumat (29/11/2019).

Dalam sambutannya, Wabup Lebak mengatakan, Korpri yang memasuki usia tepat ke-48 tahun memiliki tantangan yang tidak ringan. Karena, selain sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, ASN juga memiliki fungsi yang teramat, sakral, yaitu sebagai perekat dan pemersatu bangsa.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Lebak menyampaikan ucapan terima kasih kepada Korpri Kabupaten Lebak, yang telah berkontribusi dan memberikan peran terbaiknya dalam pembangunan di Kabupaten Lebak,” ucap Wakil Bupati Lebak.

Selain itu, di hadapan peserta upacara, Ade juga menjelaskan bahwa transformasi kerja pemerintahan saat ini tidak terlepas dari penetrasi arus teknologi informasi. Maka, masyarakat selaku konsumen dalam konteks pelayanan publik pemerintahan, harus didudukkan pada prioritas utama. Oleh karena itu, disanalah menurut Ade, Korpri harus bisa hadir dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sumbangsih Korpri Kabupaten Lebak selama ini secara langsung telah memberikan citra positif bagi ASN/PNS di mata masyarakat, walaupun saya yakin, bukan itu semata-mata yang menjadi tujuan utama. Karena tujuan utamanya adalah bagaimana Korpri Kabupaten Lebak dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakatnya,” ucap Ade.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Lebak mengajak seluruh anggota Korpri Kabupaten Lebak untuk menjadi suluh penerang ditengah kegelapan serta menjadi embun penyejuk di pagi hari ditengah kemarau yang panjang.

“Memang kondisi belum sempurna, situasi belum ideal, tapi itu bukan menjadi alasan kita, anggota Korpri untuk berkeluh kesah, nyinyir, bahkan menghujat kepada pemerintah yang notabene kita menjadi bagiannya,” ujar Wakil Bupati Lebak.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Lebak Dede Jaelani berharap di HUT ke-48 Korpri, para ASN dapat meningkatkan kualitas dalam melaksanakan tugasnya sehingga terciptanya pemerintahan daerah yang lebih baik lagi kedepannya.

“Semoga kehadiran Korpri mampu memberikan manfaat bukan saja untuk anggotanya akan tetapi kehadirannya (Korpri) mampu dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat Kabupaten Lebak,” kata Dede.

Selain melaksanakan upacara, dalam peringatan HUT ke- 48 tersebut, dilangsungkan pula penandatanganan prasasti peresmian gedung SMK PU di bawah naungan Yayasan Korpi Lebak oleh Wakil Bupati Lebak, serta pemberian santunan kepada 48 anak yatim, pemberian bantuan bedah rumah senilai Rp 40 juta kepada dua lansia asal Kampung Sabagi, Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Rangkasbitung serta beasiswa kepada siswa/i berprestasi. (Galuh Malpiana)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here