Kopi Bakar Pak Endut, Kental & Nikmat

Bagi kita pecinta kopi asli tidak akan bisa lepas saat mencium aroma kopi asli disetiap tempat dimana pun berada. Tapi bagi para traveling wisata yang hendak ke Ujung Kulon, jangan sampai ketinggalan untuk singgah melepas penat setelah menghabiskan aktivitas di perjalanan. Di ujung selatan Kota Pandeglang, tepatnya di Kecamatan Cibaliung ada sebuah warung milik Bapak Endut alias Gunawan. Karenanya, warung ini terkenal dengan sebutan warung kopi bakar (kopbak) Pak Endut.

Kopi bakar buatan Pak Endut ini cukup terkenal di kalangan para wisatawan. Karena kopinya yang kental dan nikmat bisa mengobati rasa lelah. Selain itu, biji kopi asli yang diracik secara tradisional dan dibakar bisa menjadi obat menambah stamina. Konon kabarnya, jika kita meneguk kopi bakar ini akan menambah tenaga ekstra dan terhindar dari rasa lelah.

Di Cibaliung, kopi bakar atau kopbak Cibaliung merupakan kopi warisan para leluhur yang hingga kini masih terus dilestarikan. Dan warung Pak Endut, satu kedai kopi yang menyediakan kopbak tradisional Cibaliung. Di warung kopi ini, para pecinta kopi jangan berharap bisa mencicipi kopi kemasan seperti esspreso, moccachino apalagi americano. Sebab, selain menu kopi andalan kopi bakar, warung kopi tersebut menyediakan menu kopi trandisional yakni Cofielamure, Nampuyak kopi dan Baliung kopi.

Semuanya diracik secara manual dengan teknik yang sangat tradisional. Namun, cita rasa kopinya dijamin membuat nikmat.  Di warung tersebut para pengunjung bebas memilih biji kopi sesuai selera. Selain kopi lokal Cibaliung atau baliung kopi, warung kopi bakar Bapak Endut juga menyediakan biji kopi arabika, robusta dan liberika yang didatangkan langsung dari beberapa daerah penghasil kopi di antaranya Gayo, Sinabung, Sidikalang dan Kamojang.

Menurut pemilik kopi bakar, Endut mengatakan, sejarah singkat usahanya dirintis sejak 2014.
Pria ini sejak muda memang suka meracik kopi untuk dikonsumsi sendiri. Karena waktu itu belum ada mesin roasting (pemanggang kopi). Ia pun terpaksa membakar biji kopi , kemudian diseduh hingga akhirnya jadilah minuman kopi yang dinamakan kopi bakar. Racikan kopi bakarnya kini cukup tersohor karena rasanya yang khas.

Dari cerita singkatnya itu, akhirnya terbesit memberanikan diri membuka usaha kopi bakar sekaligus untuk melestarikan warisan kopi bakar leluhur. Saat ini terdapat dua gerai warung kopi Pak Endut yakni di Cibaliung dan Alun-alun Sukajadi Pandeglang. Ke depan, ia akan mengembangkan usahanya di luar wilayah Pandeglang. (Endang Mulyana)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here