KONI Kota Cilegon Ultimatum Pengcab

CILEGON, (KB).- Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI) Cilegon mengultimatum seluruh Pengurus Cabang Olah raga (Pengcabor), untuk menyerahkan daftar atlet hingga akhir Desember untuk dilakukan verifikasi. Hal tersebut mengemuka dalam rapat koordinasi di Sekretariat KONI Cilegon, Rabu (20/12/2017).

Anggota Bidang Pembinaan Prestasi, Raden Cahyana mengatakan, semua pengcab wajib menyerahkan daftar atlet untuk diverifikasi untuk menghadapi Porprov V di Kabupaten Tangerang 2018 mendatang. “Berdasarkan jadwal, rapat kali ini kami mengultimatum kepada seluruh pengcabor, agar menyerahkan daftar atlet paling lambat Kamis (28/12/2017), karena akan melakukan verifikasi,” katanya.

Menurut dia, batas akhir tersebut merupakan sesuai agenda, dilanjutkan dengan verifikasi setelah itu dilakukan pemusatan latihan cabang. “Sementara, yang sudah masuk sekitar ratusan atlet dari berbagai cabang olah raga, namun ada juga yang belum. Dari ratusan ini, kami akan melakukan verifikasi berdasarkan peringkat serta cabang olah raga dan peringkat dan peluang medali. Maka, bisa berkurang atlet yang akan bertanding,” ujarnya.

Dalam verifikasi nanti, lanjut dia, pihaknya bekerja sama dengan pelatih dan pengcab, alasannya track record atlet sangat dibutuhkan. Apalagi nomor perorangan yang berpotensi meraih medali. “Verifikasi ini nanti kami akan melihat langsung dalam bank data kami, atlet yang berprestasi dan mempunyai potensi meraih medali seperti apa. Sehingga, Kontingen Kota Cilegon dalam mengirimkan atletnya ke Porprov yang benar-benar siap dan berjuang untuk meraih prestasi,” ucapnya.

Salah seorang pengurus KONI Cilegon, Alimudin menuturkan, selama ini berdasarkan data yang ada atlet Cilegon hampir mencapai 900 orang. Akan tetapi, pada saat verifikasi jumlah tersebut akan berkurang, bisa sekitar 50 persen. “Kalau melihat jumlah, artinya program pembinaan olah raga di Kota Cilegon berjalan cukup bagus dan banyak melahirkan atlet. Namun, yang berpotensi dan tidak belum kami lihat, karena harus melihat bank data. Rata-rata jumlah atlet tersebut didominasi oleh putra daerah sebanyak 95 persen,” tuturnya.

Ia mengatakan, pihaknya ingin mempersiapkan ratusan atlet yang akan bertanding pada Porprov V mendatang, merupakan atlet yang benar-benar hasil seleksi dan berpeluang meraih medali. Dengan begitu, target 3 besar akan diraih oleh Kota Cilegon. “Kami ini persiapan enggak main-main, terdata, tertib administrasi, dan sejauh mana potensi, serta peluang atlet kami meraih medali. Kami berharap, semua pengcab menyerahkan daftar nama atlet yang akan berlaga di Porprov V mendatang secepatnya, setelah seleksi akan ada pelatcab,” katanya. (HS)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here