Sabtu, 20 Oktober 2018

Komunitas TBM Genjot Minat Baca

PANDEGLANG, (KB).- Mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Peduli Baca terus menggenjot minat baca anak dan masyarakat. Salah satu cara dilakukan dengan menggelar perpustakaan keliling di Kampung Saden, Desa Talagasari, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, Kamis (10/5/2018). Selain mengajak anak-anak membaca bersama, pengurus TBM menghibur anak dengan cerita-cerita.

Ketua Umum Komunitas Peduli Baca, Rahmat Nugraha mengatakan, komunitas ini berdiri atas kesadaran dan keresahan. Awalnya, ia bersama teman-teman mahasiswa lain miris melihat anak-anak bergaul dengan aktivitas tidak jelas. Berangkat dari kekhawatiran itulah, akhirnya teman-teman mahasiswa Akuntansi Universitas Mathla’ul Anwar membentuk Komunitas TBM peduli baca.

”Kami melihat pemerintah punya visi meningkatkan SDM. Maka kami hadir untuk mengubah stigma negatif menjadi positif untuk menopang visi pemerintah,” kata Ketua TBM Peduli Baca, Rahmat Nugraha seusai menggelar perpustakaan keliling.

Gelaran perpustakaan keliling tidak saja menyediakan buku pengetahuan anak. Tetapi dilengkapi buku cerita-cerita anak. “Kami bergerak atas inisiatif sendiri tanpa bantuan pemerintah. Kami rela harus menguras kantong sendiri demi peduli baca,” ujar Rahmat.

Salah seorang warga sekitar, Leli Nurlaeli menyambut baik kehadiran komunitas TBM. Mereka adalah pejuang pendidikan tanpa modal pemerintah. Kehadiran mereka memberi semangat anak dan bisa menghibur dengan cerita ceria yang sangat positif.

”Secara tidak sadar komunitas TBM sudah menciptakan kampung literasi. Karena anak-anak di lokasi mendapatkan literasi atau kemampuan untuk membaca dan bercerita,” ucapnya.

Kepala Desa Talagasari, Ali Lutfi mengapresiasi komunitas TBM Peduli Baca yang datang ke desanya. Kegiatan perpustakaan keliling ini sangat membantu anak-anak untuk bisa berliterasi. Peran TBM sangat membantu mencerdaskan anak bangsa. ”Saya apresiasi kegiatan ini karena langsung bersentuhan dengan anak-anak. Tujuan komunitas TBM ini sangat mulia turut mencerdaskan anak bangsa,” tuturnya. (Ade Taufik/EM)*


Sekilas Info

HSN 2018, FSPP Gelar Halaqoh ‎Perkuat‎ ‎Identitas Santri

PANDEGLANG, (KB).- Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) bersama ratusan santri menggelar acara Halaqoh di Gedung Majelis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *