Kamis, 20 September 2018

Komisi Informasi Banten Kunjungi Unbaja

SERANG, (KB).- Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten mengunjungi Kampus II Universitas Banten Jaya (Unbaja) Jalan Syekh Moh Nawawi Albantani, Kampung Boru, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (11/7/2018). Kunjungan rombongan KI Banten yang dipimpin Ade Jahran diterima Dr Fadila yang juga sebagai Ketua Kuliah Kerja Mandiri Mahasiswa (KKM) 2018.

Ketua KI Banten, Ade Jahran menuturkan, kunjungan ke Unbaja untuk membahas kerja sama antara KI Provinsi Banten dengan Unbaja yang berkenaan dengan substansi keterbukaan informasi di tingkat desa, sehingga dapat dilakukan secara bersama-sama pada saat Unbaja melaksanakan KKM.

Ia mengatakan, KI Banten sedang melakukan berbagai kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Banten dan kampus Unbaja merupakan kampus pertama yang disambangi Komisioner KI Banten yang segera disusul ke perguruan tinggi lainnya.
Ia menuturkan, melalui kegiatan tersebut, diharapkan menjadi pengetahuan bagi dosen dan mahasiswa tentang keterbukaan informasi publik.

Ia mengatakan, apabila mahasiswa yang akan melakukan penelitian dan menemukan kesulitan dalam mengakses informasi yang dimiliki oleh badan publik dapat menggunakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Informasi Publik (UU KIP). Ia menuturkan, KI juga pernah melakukan kerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Serang.

Menurut dia, KI memiliki kewajiban untuk mendorong keterbukaan informasi dari tingkat provinsi sampai dengan pemerintah desa, mengingat pemerintah desa mendapatkan anggaran yang besar, sehingga pemerintah desa harus terbuka.

“Melalui MoU ini akan dituangkan beberapa kesepakatan, di antaranya KI menyatakan siap melakukan sosialisasi di kampus Unbaja dan mahasiswa melalui seminar, diskusi, dan pembekalan KKM terkait dengan keterbukaan informasi publik. Apabila MoU ini sampai terlaksana, maka kampus Unbaja, adalah kampus pertama yang melakukan komitmen untuk sama-sama mendorong keterbukaan informasi di Provinsi Banten. Mahasiswa Unbaja menjadi agen keterbukan informasi yang akan mendorong transparansi informasi publik di desa,” katanya.

Sementara itu, Ketua KKM Unbaja, Dr Fadila menyambut baik kerja sama yang akan dilakukan KI dan Unbaja. Ia menjelaskan, bahwa pada Agustus Unbaja akan melakukan kegiatan kuliah kerja mahasiswa (KKM). Jumlah mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan tersebut, sebanyak 322 mahasiswa yang nantinya akan dibagi kelompok dan disebar kebeberapa desa di Kecamatan Anyer, Mancak, dan Cinangka.

Pelepasan mahasiswa KKM, ujar dia, akan dilaksanakan pada Rabu (1/8/2018) di Aula Kampus I, Ciwaru, Kota Serang. Ia menuturkan, mahasiswa akan tinggal di desa selama kurang lebih 30 hari dan melakukan pengabdian kepada masyarakat desa di bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan desa, dan lain-lain, termasuk juga mendorong pemerintah desa dalam keterbukaan informasi publik.

Sebagaimana diketahui, bahwa Unbaja telah memiliki kampus dua yang beralamat Jalan Syekh Moh Nawawi Albantani, Kampung Boru, Kecamatan Curug, di mana Unbaja telah memiliki 3 fakultas, yaitu Fakultas Teknik, terdiri dari Prodi Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, dan Teknik Industri.

Fakultas Ilmu Komputer, terdiri dari Prodi Sistem Informasi dan Teknik Informatika untuk jenjang S-1 dan Prodi Komputerasi Akuntansi, Manajemen Informatika, dan Teknik Informastika untuk jenjang D3, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan dengan Prodi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. (Besta/MH)*


Sekilas Info

FISIP Untirta dan HIPIIS Gelar Seminar Nasional, Ilmuwan Sosial Dituntut Terus Berinovasi

SERANG, (KB).- Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sultan …

2 comments

  1. terus menyimak informasi berita terbaru mengenai Hukum

  2. lanjut mendengarkan berita-berita terbarunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *