Komisi II DPRD Cilegon: Usut Kasus Pencemaran Lingkungan

CILEGON, (KB).- Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon meminta agar kasus bau gas yang diduga timbul dari PT Dover Chemical diusut tuntas.

”kami minta aparat yang berwenang segera mengusut kasus dugaan pencemaran lingkungan tersebut,” kata anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon Yusuf Amin, Kamis (27/6/2019).

Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mendukung sikap warga yang melakukan unjuk rasa memprotes keberadaan industri kimia tersebut. Seperti diketahui, beberapa hari lalu sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Ormas melakukan unjuk rasa di depan pabrik PT Dover.

Mereka memprotes keberadaan pabrik kimia tersebut, karena diduga sering menimbulkan pencemaran lingkungan. ”Komisi II berencana untuk memanggil manajemen PT Dover,” katanya (27/6/2019).

Pihaknya juga akan mendorong pemerintah untuk bersikap tegas apabila industri kimia tersebut terbukti merusak lingkungan. Apalagi, tutur dia, berdasarkan laporan dari warga akibat pencemaran lingkungan, banyak menimbulkan korban jiwa dan ada yang dilarikan ke rumah sakit.

”Pemkot harus tegas, kalau memang selama ini masyarakat banyak yang dirugikan, karena persoalannya adalah banyak masyarakat yang berada di sekitar kawasan industri tersebut mengalami polusi akibat adanya pembuangan emisi dari industri kimia. Kami dari legislatif akan mengawal sampai dengan pemanggilan dari PT Dover dilakukan,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan anggota Komisi II DPRD Kota Cilegon lainnya Erick Rebiin. Ia meminta agar perusahaan yang telah membuat warga sekitar panik tersebut memperhatikan lingkungan sekitar.

”Kalau ada aksi pasti ada reaksi, begitupun dengan akibat pasti ada sebab. Untuk itu, kami meminta agar Komisi II DPRD Cilegon memanggil PT Dover untuk memberikan klarifikasi terkait dengan adanya kejadian yang menimbulkan kehebohan terhadap warga sekitar agar persoalan itu dapat diselesaikan,” tutur Erick. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here