KMP BSP I Kebakaran, 196 Penumpang Berhasil Dievakuasi

CILEGON, (KB).- Upaya evakuasi penumpang KMP Bandar Samudera Perkasa (BSP) I, telah dilakukan. Sebanyak 196 penumpang kapal yang mengalami kebakaran tersebut telah diturunkan di Dermaga 3 Pelabuha Merak, sekitar pukul 21.30 WIB.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten Herwanto mengatakan, api berasal dari ruang mesin kapal. Namun api mampu diatasi oleh ABK.

“Api muncul dari kamar mesin kapal sekitar pukul 18.00 WIB ketika hendak menunggu sandar di dermaga 1 pelabuhan merak. Api berhasil dipadamkan pukul 19.00 WIB oleh kru kapal dibantu kapal lain. Laporan ini berdasarkan keterangan dari nahkoda atas nama sumarjono,” katanya.

Herwanto menuturkan, kejadian yang menimpa kapal milik PT Tri Sumaja Lines ini terjadi ketika tengah melakukan perjalanan dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak. Dimana kapal tersebut berangkat dari Bakuheni sekitar pukul 16.00 WIB.

“Sesaat sebelum memasuki perairan Pulau Merak Besar kapal mengalami kebakaran di bagian dalam kapal. Rencana akan sandar di Dermaga I Pelabuhan Merak,” ujarnya.

Sesaat setelah terjadi kebakaran, beberapa kapal yang sedang melintas di sekitar KMP BSP 1 turut memadamkan api yaitu KMP Batu Mandi, Royal Nusantara, Titian Murni. Semua penumpang saar itu diinstruksikan menggunakan live jacket.

“Setelah api berhasil dipadamkan kemudian kemudian kapal dievakuasi oleh dua tugboat yaitu tugboat Tirtayasa 1 dan Tirtayasa 3,” tuturnya.

Herwanto menambahkan, jumlah penumpang total 196. Jumlah kendaraan 14 truk sedang, 10 truk kecil, dan 6 tronton. “Semua penumpang kami pastikan selamat dan abk melakukan penyelamatan sesuai sop,” ungkapnya.

Kata herwanto, saat ini setelah selesai bongkar kapal melakukan engker. “Penyebab kebakaran akan diseldiki oleh KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi),” katanya.

Baca Juga: Kapal Motor Penumpang BSP I Kebakaran

Pantauan Kabar Banten, belasan ambulans dan mobil patroli polisi stand by di dermaga 3 pelabuhan merak. Begitu juga dengan petugas kesehatan dan pemadam kebakaran.

KMP BSP 1 sendiri berhasil sandar di Dermaga 3 Pelabuhan Merak sekitar pukul 21.15 WIB. Penumpang pejalan kaki dievakuasi menggunakan Bus Primajasa ke Terminal Terpadu Merak sebelum melanjutkan ke tujuan. Sementara, kendaraan di dalam kapal turun dan diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Salah satu penumpang Joko (40) mengatakan, api yang di KMP BSP I berasal dari percikan di deck bagian bawah kapal. Para penumpang dan crew kapal menggunakan live jacket.

“Peralatan kapal itu kurang, tidak semua pakai live jacket. Tadi ada kapal juga yang menolong air tapi selangnya putus,” tutur Joko ditemui di Dermaga 3 Pelabuhan Merak usai turun dari kapal.

Joko sendiri dari Kalianda hendak ke Serang. Naik ke kapal dari Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 15.30 WIB dan sandar di Merak sekitar 21.15 WIB. “Cukup lama tadi banyak yang panik,” ujarnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here