KKN PPM 2019 di Desa Sindanglaya, Unbaja Gelar Penyuluhan Pemanfaatan Limbah

SERANG, (KB).- Sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Banten Jaya (Unbaja) yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat, menggelar penyuluhan dan workshop pemanfaatan sampah dan limbah di Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Sabtu (29/6/2019).

Workshop tersebut diantaranya pembuatan paving blok dari sampah plastik, pembuatan karbol dari limbah minyak jelantah dan pembuatan detergen. Hadir sebagai pemateri Syarif Hidayat M.Eng, Ida Nuraida M.Pd anggota tim KKN PPM 2019 serta sejumlah mahasiswa Unbaja yang tergabung dalam mahasiswa pegiat lingkungan, menyulap sampah menjadi bahan yang bermanfaat. Kegiatan tersebut dihadiri masyarakat dan perangkat Desa Sindanglaya.

Ketua Tim KKN PPM 2019, Dr. Fadilla Oktaviana, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya atas kerjasama masyarakat dan perangkat desa sehingga workshop dan pelatihan tersebut dapat terlaksana.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tahun 2019 yang merupakan sinergisitas Kemenristekdikti, Unbaja dan masyarakat.

Selain itu, sebagai komitmen Unbaja sebagai salah satu universitas swasta yang peduli terhadap lingkungan. “Dosen memiliki kewajiban tridharma, yaitu mengajar, meneliti dan pengabdian kepada masyarakat. Akademisi haruslah turun ke masyarakat,” ujarnya.

“Terimakasih atas kehadiran dan pelatihan yang diberikan oleh Unbaja, sehingga masyarakat dibekali ilmu tentang pemanfaatan sampah, pembuatan karbol dan detergen serta pembuatan paving blok dari limbah plastik,” ujar Hj. Kartini Edi, perwakilan dari kelurahan setempat.

Sementara itu, dosen pembimbing mahasiswa Unbaja, Fitriyah mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum bagi Unbaja untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dan mengenalkan bagaimana sebetulnya masyarakat itu harus sadar sampah dan bisa memanfaatkannya sehingga tidak banyak yang dibuang ke lingkungan, ujarnya. (KO)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here