KKM Uniba Kembangkan Abon Bandeng

Mahasiswa KKM kelompok 27 Uniba bersama warga Desa Tengkurak membuat ikan bandeng menjadi abon, di Desa Tengkurak, Senin (19/8/2019).*

SERANG, (KB).- Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 27 Universitas Bina Bangsa (Uniba) bersama warga Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa memanfaatkan ikan bandeng menjadi abon, di Desa Tengkurak, Senin (19/8/2019). Pembuatan tersebut untuk membantu menghidupkan kembali produk abon yang telah ada.

Ketua KKM kelompok 27 Uniba Ikhlas Hulamal mengatakan, pihaknya memanfaatkan sumber daya alam yang sangat melimpah berupa ikan bandeng. Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan pekan kedua pelaksanaan KKM kemudian mencoba untuk memasarkannya.

“Kami ingin menghidupkan kembali usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di desa. Sehingga kami ingin membantu agar UMKM di desa tersebut terus berlanjut,” kata Ikhlas kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, pihaknya bersama warga sangat antusias saat melihat produk yang mereka olah habis terjual. Pihaknya berharap pemanfaatan abon ikan bandeng tersebut dapat terus berlanjut.

“Kami sangat senang dapat membantu warga di sini untuk mengolah ikan bandeng menjadi abon. Hal itu dapat membantu meningkatkan perekonomian mereka. Kami berharap produk yang sudah kita buat bersama-sama tersebut bisa berlanjut karena banyak sekali yang bisa dimanfaatkan berbagai olahan makanan dengan berinovasi akan menarik pembeli untuk membelinya,” tuturnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 27 Uniba Pramudi Harsono mengatakan, pihaknya sangat mendukung mahasiswa dalam memperdayakan masyarakat, karena KKM merupakan sebagai pengabdian mereka kepada masyarakat. Sehingga harus memberikan pembelajaran yang bermanfaat baik untuk mahasiswa ataupun masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah kegiatan KKM tersebut, produksi abon bandeng tidak berhenti dan tetap berjalan sesuai dengan yang kami harapkan,” ujarnya.

Kepala Desa Tengkurak Suryadi mengatakan, sudah beberapa kali produksi dari abon bandeng ini tidak berkembang. Alhamdulillah dengan kedatangan mahasiswa KKM kelompok 27 Uniba tersebut bisa membantu warga untuk menjalankan kembali produk abon bandeng.

“Kami berterima kasih kepada mahasiswa Uniba sudah membantu warga untuk menghidupkan kembali abon bandeng yang dulu pernah berjalan. Abon bandeng itu mudah-mudahan bisa membantu warga dalam meningkatkan perekonomian mereka,” ucapnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here