KKM Unbaja Diminta Gali Potensi Desa

Mahasiswa Univeritas Banten Jaya mengikuti pembekalan kuliah kerja mahasiswa, di Auditorium Unbaja, Selasa (23/7/2019).*

SERANG, (KB).- Rektor Universitas Banten Jaya (Unbaja) Sudaryono meminta mahasiswa yang mengikuti kuliah kerja mahasiswa (KKM), untuk menggali potensi di desa. Alasannya, untuk lebih maju dan berkembang, baik dari wirausahanya maupun dari aspek pariwisatanya.

“Pelaksanaan KKM ini bisa ditindaklanjuti. Desa yang menjadi tempat pelaksanaan tersebut dapat menjadi desa binaan Unbaja. Untuk itu kembangkan lagi potensi yang ada di desa tersebut,” kata Sudaryono kepada Kabar Banten, di Unbaja, Selasa (23/7/2019).

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unbaja Nurhidayanti mengatakan, kuliah kerja mahasiswa merupakan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan potensi di masing-masing desa.

“KKM tersebar di 3 kecamatan dengan 24 desa di Kabupaten Serang yakni di Kecamatan Cinangka, Mancak dan Padarincang. Mahasiswa dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, serta mengembangkan kewirausahaan maupun pariwisata di setiap desa,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum pelaksanaan KKM, pihaknya melakukan survei di desa yang memiliki banyak potensi wisata. Tetapi karena keterbatasan pemahaman dan pemanfaat teknologi informasi, potensi wisata tersebut informasinya tidak tersebar luas.

“Mahasiswa dapat memberikan pemahaman dalam memanfaatkan teknologi informasi kepada masyarakat mengenai potensi wisata yang ada di desa tersebut. Mahasiswa dapat memberdayakan masyarakat dalam mengembangkan wirausahanya,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here