KKM 87 Untirta Kembangkan Ekonomi Kreatif

LEBAK, (KB).- Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Kelompok 87 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Lebak menggelar sosialisasi pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Kaduagung Barat, Selasa (6/8/2019), untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif masyarakat.

Ketua KKM Kelompok 87 Masnan mengatakan, tujuan kegiatan tersebut, untuk memberikan wawasan kepada masyarakat, dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Alasannya, di lokasi tersebut, memiliki banyak potensi, namun masyarakat tidak mengetahui memasarkannya.

“Kegiatan tersebut, sebagai program kerja kami untuk memberikan informasi pengembangan ekonomi kreatif di masyarakat. Kami berharap, pelaku usaha UMKM mampu mendapatkan pendampingan baik dalam pengembangan usahanya. Selain itu, juga kami membantu untuk cara memasarkan produk-produk dengan menggunakan media sosial,” katanya kepada Kabar Banten.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lebak Babay Imroni menuturkan, potensi UMKM di Desa Kaduagung Barat, Kecamatan Cibadak ada 60 usaha yang terdaftar. Namun, potensi tersebut, tidak diimbangi oleh kemampuan marketing dan packaging yang mumpuni. Bahkan, sebagian besar kendala UMKM di Kabupaten Lebak hanya bisa membuat, namun tidak bisa menjual, termasuk kekurangan modal.

“Pengembangan UMKM diwajibkan membuat legalitas pelaku usaha, sehingga pemiliki sertifikat mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya hingga ke luar Kabupaten Lebak, dengan cara memasarkannya baik menggunakan media sosial ataupun mengikuti pameran. Karena, hal tersebut dapat membantu mereka dalam meningkatkan perekonomian,” ujarnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here