Khusus Untuk Pemula, Pembuatan KTP-El di Cilegon Jemput Bola

berobat Cukup dengan tunjukkan KTP

CILEGON, (KB).- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Kota Cilegon membuat program perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, khususnya yang telah berusia 17 tahun sebagai pengguna KTP pemula. “Kami akan datang di setiap SMA, SMK dan sekolah-sekolah sederajat lainnya yang ada di Kota Cilegon,” katanya Kepala DKCS Kota Cilegon, Soleh, Sabtu (7/7/2018).”

Menurut dia, penduduk yang telah mencapai usia 17 tahun wajib memiliki KTP. “Kami melihat siswa SMA dikelas XII tersebut banyak yang berusia 17 tahun,sehingga saat mereka lulus dan melamar kerja, KTP tersebut bisa langsung digunakan,” tuturnya. Ia berharap, program ini bisa terealisasi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (Kabid PIAK) Abdullah menuturkan, program pembuatan KTP-El bagi siswa SMA rencananya menggunakan sistem jemput bola. Langkah tersebut, guna mempercepat pendataan pemilih untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Anak seusia 17 tahun itu adalah pemilih pemula, dimana mereka menggunakan haknya pertama kali sebagai warga negara dalam menentukan pilihannya pada pesta demokrsi mendatang. “Agar lebih efektif maka kami akan melakukan program jemput bola ke sekolah, saat ini program itu sedang kita ajukan dan masih dalam proses pengkajian,” ujarnya.

Program tersebut, kata dia, rencananya akan mulai direalisasikan awal 2019. Untuk itupembahasannya bisa dalam anggaran perubahan 2018 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here