Khusus untuk Pasien Covid-19, Komisi II DPRD Kota Serang Dorong Pengadaan Ambulans

SERANG, (KB).- Komisi II DPRD Kota Serang mendorong Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang untuk pengadaan unit ambulans khusus pasien Covid-19. Hal tersebut, karena saat ini baru ada satu unit ambulans khusus pasien Covid-19.

Anggota Komisi II DPRD Kota Serang Rizki Kurniawan mengatakan, di tengah situasi wabah virus corona (Covid-19). Pengadaan ambulans khusus pasien Covid-19 sangat penting.

“Dinkes Kota baru memiliki satu unit ambulans khusus untuk membawa pasien yng diduga terpapar corona, saya berharap, pemerintah segera mengadakan mobil ambulans yang sangat penting ini,” katanya seusai rapat dengan Dinkes Kota Serang dan RSUD Kota Serang, Rabu (25/3/2020).

Menurut dia, pengadaan bisa dilakukan dari pergeseran anggaran, karena selain kekurangan ambulans, alat pelindung diri (APD) bagi perawat di Puskesmas Kota Serang juga masih kekurangan. Hal tersebut berdasarkan inspeksi mendadak (sidak) Komisi II di beberapa Puskesmas Kota Serang.

“Setelah kami melakukan sidak ke beberapa Puskesmas masih sangat kekurangan untuk APD,” ujarnya.

Atas dasar tersebut, dia menilai, Dinkes Kota Serang lambat dalam melakukan pergeseran anggaran untuk pengadaan APD dan ambulans. Ia menilai, kinerja Dinkes dalam menangani Covid-19 belum sesuai harapan.

“Saya menyatakan langsung dalam rapat kepada Kadinkes kota lambat dalam melalukan pergeseran anggaran untuk pengadaan APD yang sangat mendesak, mungkin juga Kadinkes banyak melakukan pertimbangan-pertimbangan tentang pergeseran anggaran,” ucapnya.

Senada, anggota Komisi II DPRD Kota Serang lainnya Ari Winanto menuturkan, Dinkes Kota Serang harus segera menyiapkan APD bagi petugas pelayanan baik di Puskesmas maupun RSUD Kota Serang, agar para pegawai bisa bekerja secara maksimal.

“Saya menekankan kepada Dinkes, agar kebutuhan utama tenaga medis di Kota Serang saat ini segera disiapkan, agar petugas pelayanan baik di Puskesmas dan RSUD Kota bisa bekerja secara maksimal,” tuturnya. (Masykur/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here