Jumat, 22 Juni 2018

Keterlibatan Masyarakat Awasi Pilkada Masih Minim

SERANG, (KB).- Jaringan Rakyat untuk Demokrasi dan Pemilu (JRDP) menilai, keterlibatan masyarakat Kota Serang dalam mengawasi pemilihan kepala daerah (pilkada) masih minim. Penyebabnya bisa jadi, karena faktor pengetahuan pelanggaran pemilu yang masih kurang. “Kami tahu setiap pemilu masyarakat hanya tahu mereka sebagai pemilih. Padahal, yang paling penting, bahwa masyarakat adalah bagian terpenting untuk menjaga martabat demokrasi,” kata Koordinator JRDP, Nana Subana saat dihubungi Kabar Banten, Selasa (27/2/2018).

Menurut dia, peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pilkada menjadi tanggung jawab panitia pengawas pemilu (panwaslu) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017. Salah satu tugas tambahan pengawas pemilu, adalah meningkatkan partisipasi pengawasan.

Disinggung terkait hasil pemantauan Pilkada Kota Serang, mantan anggota Panwaslu Kabupaten Pandeglang tersebut mengatakan, belum menemukan indikasi kampanye di luar ketentuan. “Kami juga melihat kehadiran pengawas pemilu cukup membuat perjalanan kampanye menjadi lebih tertib dan tentunya kami terus mendorong lembaga pengawas untuk terus melakukan upaya pencegahan, agar tidak terjadi pelanggaran yang masif dalam perjalanan tahapan kampanye,” ujarnya.

Ia menuturkan, panwaslu dan unsurnya harus terus melakukan pengawasan melekat terhadap setiap kegiatan kampanye pasangan calon (paslon) Pilkada Kota Serang. “Apa pun bentuknya,” tuturnya. Selain itu, ucap dia, panwaslu harus melakukan pendidikan kepada masyarakat tentang pelanggaran pilkada yang sering terjadi di lingkungan terkecil hingga masyarakat bisa ikut mengawasi perjalanan kampanye pasangan calon.

Dalam hal tersbeut, sosialisasi terhadap masyarakat menjadi hal penting bagi lembaga pengawas. Dalam beberapa kesempatan, Ketua Panwaslu Kota Serang, Rudi Hartono mengajak masyarakat Kota Serang untuk turut serta dalam pengawasan Pilkada Kota Serang. Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan menjadi salah cara mewujudkan pesta demokrasi bermartabat. “Laporkan kepada kami kalau ada pelanggaran,” katanya. (SN)***


Sekilas Info

Pemudik Asal Banten Kecelakaan di Tol Fungsional Batang-Pemalang, Wakil Kepsek MAN Cikeusal

SERANG, (KB).- Pemudik asal Provinsi Banten yang mengalami kecelakaan di tol fungsional Batang-Pemalang, Jawa Tengah, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *