Kesbangpol Segera Verifikasi Ulang Ormas di Kabupaten Serang

SERANG, (KB).- Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Serang akan melakukan verifikasi ulang terhadap organisasi masyarakat (ormas) yang ada di wilayahnya. Hal tersebut dikarenakan dari total 80 ormas yang terdaftar beberapa di antaranya diduga ada yang tidak jelas kedudukannya.

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Dini dan Ekonomi Sosial Budaya pada Bagian Kesbangpol Setda Pemkab Serang, Muhtar mengatakan, dari 80 ormas yang terdaftar berupa yayasan hingga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), sedikitnya ada enam ormas yang tidak memiliki kedudukan yang jelas.

“Saya pernah mengecek beberapa ormas, di Kecamatan Petir saja ada lima yang enggak jelas, kantornya enggak ada, alamat jelasnya enggak ada, kades (kepala desa)-nya juga enggak tahu,” katanya, Jumat (14/9/2018).

Keberadaan ormas yang tidak jelas, ujar dia, dikhawatirkan akan meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya akan mencabut legalitasnya. “Tapi, nanti kami lakukan verifikasi pada Desember, ormas mana saja yang sudah tidak jelas,” ucapnya.

Oleh karena itu, ucap dia, untuk memperjelas kedudukannya, setiap ormas harus melaporkan aktivitas kegiatannya kepada Kesbangpol. Namun, dia menyayangkan banyak ormas yang tidak melaporkan kegiatannya. “Paling hanya beberapa ormas saja yang melaporkan kegiatannya,” tuturnya.

Ormas yang terdaftar merupakan ormas yang sudah berbadan hukum. “Bantuan dana dari Kesbangpol untuk ormas tidak ada, kami sifatnya hanya pembinaan saja,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here