Sabtu, 17 November 2018
Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten saat penandatanganan MoA dengan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Provinsi Banten.*

Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Banten, TBI UIN Banten Teken MoA

SERANG, (KB).- Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten lakukan memorandum of action (MoA) dengan Jurusan Bahasa Inggris dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Provinsi Banten.

MoA tersebut dilakukan untuk mengadakan kerja sama dalam hal pendidikan, utamanya Pendidikan Bahasa Inggris. Salah satu yang terdekat, yang akan kami lakukan dengan adanya MoA kerja sama dalam penulisan dan pengisian jurnal Tarbiyah Bahasa Inggris, baik yang ada di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris seluruh PTN/PTS yang ada di Provinsi Banten atau yang ada di UIN SMH Banten.

“Jadi, nanti dari dosen akan mengisi artikel-artikel mereka di jurnal yang ada di jurusan TBI UIN Banten, begitu juga sebaliknya,” tutur Ketua Jurusan TBI, Abdul Mu’in, Rabu (31/10/2018).

Lalu, isi MoA yang kedua, ucap dia, akan ada kerja sama pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris dengan model sit in, artinya mahasiswa dari Jurusan Bahasa Inggris yang ada di PTN/PTS yang ada di Provinsi Banten akan melakukan proses pembelajaran di UIN SMH Banten dalam jangka waktu tertentu, begitu sebaliknya.

“Saya melihat potensi yang luar biasa dari para dosen, khususnya dosen Jurusan Bahasa Inggris yang ada di PTN/PTS di Provinsi Banten, sayangnya potensi yang dimiliki itu masih terserat, belum terorganisasi dengan baik, yang padahal potensi itu bila terorganisasi dengan baik akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, nah itulah yang dilakukan sekarang, dilakukan kerja sama dengan proses penandatangan MoA ini akan banyak hal yang dapat dilakukan oleh para dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang ada di PTN/PTS Provinsi Banten,” ujarnya.

Lalu, kata dia, hasil dari pertemuan dengan para dosen Jurusan Pendidikan Bahasa Inggri di PTN/PTS Provinsi Banten, disepakati akan membuat panitia pembentukan asosiasi dosen. Sementara, nama asosiasi tersebut, tutur dia, Banten English Lecture Assosiation.

“Kami akan memperbaiki pembelajaran, khususnya bahasa Inggris, karena kami ketahui di beberapa wilayah Banten, terutama daerah pesisir dan daerah pegunungan. Titik lemah dari hasil ujian nasional yang kami lihat sebagai indikator, bahasa Inggris termasuk yang lemah nilainya. Hingga paling tidak ke depan asosiasi ini dapat membuat suatu gerakan yang bisa meyakinkan sekolah di pinggiran, bahkan di pegunungan sekalipun, mereka memiliki kemampuan bahasa Inggris yang luar biasa, karena kami sudah ketahui, bahwa bahasa Inggris ada di semua sektor kehidupan,” ucapnya. (Besta/MH)*


Sekilas Info

Panggung Budaya, Rektor Untirta Baca Puisi Sultan Ageng Tirtayasa

SERANG, (KB).- Rektor Untirta Prof. Dr.Sholeh Hidayat, M.Pd, turut berpartisipasi pada acara Panggung Budaya memperingati Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *