Kerja Sama dengan BRI ‘Stuck’, Pemprov Banten Beralih ke Bank Mega

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mulai menjajaki kerja sama dengan Bank Mega dalam upaya penyehatan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten atau Bank Banten. Sebelumnya, pemprov telah menjalin kerja sama dengan BRI melalui skema penyertaan modal, namun hingga kini belum ada perkembangan.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan (Adpem) Provinsi Banten Mahdani mengatakan, upaya menjalin kerja sama dengan Bank Mega dilakukan karena kerja sama melalui skema yang sama dengan BRI masih harus menempuh proses panjang.

“BRI tidak ada, kelihatan tidak ada perkembangan dan cukup jauh. Dia harus sampai persetujuan Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Daerah). Kalau dengan swasta lebih cepat, asal usahanya layak menurut mereka, (maka bisa) jalan,” katanya, Kamis (4/7/2019).

Rencana kerja sama dengan Bank Mega sudah mulai pembahasan antara tim Bank Mega dengan tim Bank Banten. “Nanti dipertemukan ada OJK (Otoritas Jasa Keuangan)-nya, sesama bank kan paham bisnisnya,” ujarnya.

Menurutnya, progres kerja sama Bank Mega telah melakukan uji tuntas. Selanjutnya tinggal menunggu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). “Bentuk kerja samanya penyertaan modal. Kan kita butuh modal untuk percepatan kesehatan Bank Banten,” ucapnya.

Ia menuturkan, sebelum memilih Bank Mega pihaknya melakukan penjajakan dengan pihak lain. Hasilnya, dari sekian penjajakan hanya Bank Mega yang menunjukkan keseriusan.

“Ini artinya mencari siapa yang berniat masuk dengan ketentuan harus sesuai keinginan kita dan kesepakatan bersama dia. Itu kan investor, sampai yang sudah serius ya Bank Mega,” tuturnya.

Dana penyertaan modal hasil kerja sama dengan Bank Mega akan masuk bersamaan dengan penyertaan modal dari Pemprov Banten. “Dalam PKS (perjanjian kerja sama) ada beberapa kewajiban kita (pemprov) dan beberapa kewajiban dari sana,” katanya.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menuturkan, penjajakan dengan Bank Mega tidak berarti menutup peluang dengan BRI. Pemprov akan melihat kerja sama dengan pihak yang memberikan dampak signifikan terhadap Bank Banten. ”Kita lihat saja nanti, kita sudah siapkan semua nanti mana yang lebih baik,” ujarnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here