Keputusan Pelayanan Kesehatan Rendah, Puskesmas Didorong Jadi BLUD

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mendorong seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) agar menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal tersebut, karena dalam hal pelayanan bidang kesehatan masih rendah, sehingga perlu dilakukan evaluasi agar bisa lebih ditingkatkan pelayanannya.

Kepala Dinkes Kota Serang Ikbal mengatakan, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Kota Serang masih rendah. Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap Puskemas, sekaligus meningkatkan pelayanannya, dengan menjadi BLUD. Menurut dia, langkah tersebut merupakan yang paling efektif dalam peningkatan pelayanan.

“Jadi memang kesehatan itu merupakan salah satu isu strategis dari Wali Kota Serang. Oleh karena itu, kami akan tingkatkan status Puskesmas dari yang biasa menjadi BLUD. Saat ini kami mempunyai beberapa Puskesmas dan satu rumah sakit. Jadi kami tingkatkan dulu pelayanan di Puskesmas baru rumah sakit,” ujarnya, Rabu (8/1/2020).

Dengan ditingkatkannya status Puskesmas di Kota Serang menjadi BLUD, maka pelayanan dapat menjadi lebih prima. Sebab, Puskesmas memiliki kewenangan yang lebih luas.

“Seperti merujuk pasien, dan merawat pasien, jadi dapat lebih leluasa. Karena memang dengan meningkatnya status, semakin luas kewenangannya,” ucapnya.

Ikbal pun mengakui bila sampai saat ini pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat masih belum memuaskan. Namun menurutnya, ada keluhan masyarakat yang pihaknya tidak ketahui seperti pelayanan atau prosedur, sehingga pihaknya tidak bisa melakukan pembenahan. Ia juga sebelumnya pernah mendapat laporan keluhan terkait lambatnya respon Puskesmas, dalam menangani kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Namun memang saya sendiri sampai sekarang belum pernah mendapat laporan. Kalau di Puskesmas mungkin ada laporan soal pelayanan. Kemudian, ada keluhan juga terkait lambatnya penanganan DBD. Tapi memang, tahapan DBD juga kan banyak, jadi agak lambat responnya,” ucapnya.

Wali Kota Serang Syafrudin pun mengakui, bila dirinya mendapat laporan terkait pelayanan di bidang kesehatan khususnya Puskesmas. Maka dari itu, Pemkot Serang akan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap Puskesmas yang ada. Jadi selanjutnya seluruh masyarakat Kota Serang mendapat pelayanan yang baik, dari tenaga kesehatan dan penanganan medis yang tanggap.

“Memang bidang kesehatan itu masih belum baik pelayanannya. Maka dari itu, kami harus mencari tahu apa yang menjadi kekurangan. Seperti respon lambat kalau masyarakat datang ke Puskesmas, kendalanya kami cari tahu. Karena memang laporan lebih sering sampai saya dari masyarakat,” ujarnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here