Kepala Sekolah Sambut Pendidikan Gratis

LEBAK, (KB).-¬†Sejumlah kepala sekolah di Kabupaten Lebak menyatakan menyambut positif penerapan pendidikan gratis, karena menerima dana bantuan operasional sekolah. “Kami sudah tidak memikirkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) lagi,” kata Kepala SMA Negeri 3 Rangkasbitung, Ucu Murta Dewi di Lebak, Selasa, (2/10/2018).

Penerapan pendidikan gratis tentu tidak menjadikan beban bagi pengelola sekolah, karena seluruh biaya sudah ditanggung melalui BOS. Penyaluran BOS, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) dan ekstrakurikuler siswa.

Saat ini, pengelola sekolah menerima dana BOS dari pemerintah pusat Rp 1,4 juta dan Pemerintah Provinsi Banten Rp 1,1 juta per siswa per tahun. “Saya kira dana BOS itu cukup untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Menurut dia, penerapan pendidikan gratis tentu berdampak positif terhadap angka lulusan melanjutkan pendidikan.
Selain itu, ucap dia, memotivasi siswa untuk belajar bersemangat dan meningkatkan kehadiran siswa menjadi lebih baik. Ia menuturkan, tidak ditemukan lagi siswa mengeluhkan biaya pendidikan, mulai pendaftaran hingga KBM.

“Semua siswa di sini sebanyak 720 siswa belajar penuh, karena tidak memikirkan lagi biaya pendidikan,” tuturnya.

Kepala SMAN 1 Cibadak Kabupaten Lebak, Ahmad Jajuli lega dengan penerapan pendidikan gratis, karena dana operasional sudah tidak membebani orangtua siswa. Saat ini, pendidikan gratis ditanggung dengan dana BOS dan BOS daerah.
P

enerapan pendidikan gratis di sekolah dengan delapan rombongan belajar terpenuhi siswa baru hingga mencapai 240 anak. Padahal, sebelumnya penerimaan siswa baru hanya 160 anak. “Kami berharap, bertambahnya siswa baru itu juga dilengkapi sarana dan prasarana belajar yang memadai,” katanya.

Pihaknya mengapresiasi kebijakan Gubernur Banten, Wahidin Halim berdasarkan Pergub Nomor 31 Tahun 2018 tentang Pendidikan Gratis pada SMA/SMK dan Sekolah Khusus Negeri. (MH/Ant)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here