Kepala Sekolah dan Guru Diberi Pembekalan Masalah Hukum

LEMBAGA Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Cilegon memberi pembekalan kepada para kepala sekolah (Kepsek) di Kota Cilegon terkait masalah hukum. Pembekalan tersebut diberikan LKBH Korpri Kota Cilegon saat melakukan sosialisasi penanganan masalah hukum.

Kegiatan tersebut, menurut Sekretaris Korpri Kota Cilegon Wawan Dahlan, bagian dari sosialisasi yang dilakukan pihaknya kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon.

“Pengarahan sekaligus sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk rangkaian HUT Korpri. Kami mulai sosialisasinya ke ASN untuk mengenalkan mekanisme apa saja yang harus ditempuh, sekaligus menjelaskan tujuan Korpri membuat LKBH,” katanya, Senin (2/12/2019).

Pembekalan masalah hukum kepada para kepala sekolah dan guru, tutur dia, merupakan salah satu langkah untuk memberikan pemahaman kepada ASN yang terjerat hukum. Wawan berharap, kegiatan tersebut bisa menambah wawasan dari LKBH terkait dengan penanganan Hukum.

Sementara itu, Ketua LKBH Korpri Kota Cilegon, Bambang Haryo Bintan mengatakan, mellui pengarahan sekaligus sosialisasi tersebut, para guru dan kepala sekolah tidak sungkan untuk berkonsultasi soal hukum, sehingga nantinya ada pemahaman yang diterima. Sebab, pada dasarnya semua ASN bekerja berdasarkan aturan.

“Kami harap para guru dan ASN di lingkungan Pemkot Kota Cilegon bisa mengonsultasikan berbagai persoalan dengan LKBH Korpri. Sebab, konsultasi dan bantuan hukum nantinya bisa diberikan secara gratis,” tuturnya.

Khusus untuk bantuan hukum, kata dia, guru dan kepala sekolah bisa mengajukan permohonan langsung ditujuakan kepada Ketua Korpri Kota Cilegon. Jika diberikan disposisi, LKBH Korpri akan melakukan kajian dan memberikan bantuan hukum sesuai dengan persoalan yang menimpa.

“Siapa saja boleh mengajukan, yang terpenting secara mekanisme ditempuh, sehingga nantinya LKBH Korpri bisa memberikan bantuan hukum sesuai dengan kebutuhan,” ucapnya.

Tidak hanya kasus hukum, yang berkaitan dengan urusan rumah tangga atau pengadilan agama saja, persoalan tindak pidana korupsi, sengketa administrasi dan hal lainnya juga bisa diberikan oleh LKBH Korpri Cilegon. (Himawan Sutanto)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here